Formulir Pendaftaran Universitas Terbuka untuk mahasiswa baru 2023

zeronews.my.id  Formulir Pendaftaran Universitas Terbuka - Tertarik kuliah di Universitas Terbuka? Jika benar, harus mengisi formulir pendaftaran di Universitas Terbuka dengan tepat. Ada beberapa jenis formulir pendaftaran yang harus diisi mulai dari pas foto, keabsahan, pernyataan SIPAS sehingga data pribadi. 

pendaftaran universitas terbuka 2022/2023,pendaftaran universitas terbuka 2023,formulir pendaftaran universitas terbuka 2023,formulir ut,brosur universitas terbuka 2023,formulir pendaftaran ut,formulir pendaftaran universitas terbuka 2023,www ut ac id formulir,pendaftaran mahasiswa baru ut,pendaftaran ut samarinda 2023,,formulir pendaftaran universitas terbuka 2023,jadwal pendaftaran universitas terbuka,www.ut.ac.id daftar,syarat pendaftaran universitas terbuka,sia ut ac id,katalog ut kode program studi,ut.ac.id login,lampiran katalog ut

Fakultas Universitas Terbuka

Di UT ada 4 Fakultas, yaitu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), dan Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), serta Program Pascasarjana. Universitas Terbuka atau yang biasa disebut UT ini memiliki empat Fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) untuk jenjang Diploma dan Sarjana.

Jalur Masuk Universitas Terbuka

Pendaftaran dan Jalur Masuk Untuk tahun 2021 kemarin, UT hanya membuka jalur masuk SNMPTN dan mandiri. Layaknya PTN lain, syarat ketentuan SNMPTN UT pun sama, sedangkan untuk jalur mandiri, tidak ada tes masuk untuk kalian calon mahasiswa. Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 resmi diluncurkan pada Kamis 1 Desember 2022. Pendaftaran mahasiswa baru di admisi-sia.ut.ac.id dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut :

  • Menyiapkan Berkas Pendaftaran, Persyaratan Calon Mahasiswa
  • Fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang.
  • Foto langsung di UPBJJ-UT atau menyerahkan pas foto ukuran 3 × 4 atau softcopy pas foto (bukan hasil scan) dengan kriteria W=358 pixel; H=476 pixel; resolusi 300 dpi/inch ke UPBJJ-UT.
  • Membuat Akun Calon Mahasiswa. 
  • Pencetakan dan Pembayaran Billing Admisi.
  • Mengisi Data Pribadi dan berkas Pendaftaran. 
  • Validasi Data Calon Mahasiswa Baru.
  • Registrasi Mata Kuliah.

Sahabat UT, pendaftaran mahasiswa baru Program Diploma dan Sarjana semester 2022/23.2 (2023.1) masih dibuka sampai 7 Februari 2022 melalui https://sia.ut.ac.idPantau Kalender AkademikPerhatikan Katalog Kurikulum dan Katalog Sistem Penyelenggaraan Silakan melihat. Mulai 3 Oktober 2022 Perkumpulan Strada membuka kembali pendaftaran murid baru untuk tahun ajaran 2023-2024 pada semua jenjang.

Kuliah Universitas terbuka online

Ada yang unik dari pendaftaran mahasiswa baru di Universitas Terbuka. Ya, selain menerapkan sistem daring penuh (full online), pendaftaran mahasiswa baru juga dapat dilakukan sepanjang masa. Jadwal kuliah kelas karyawan dapat dipilih : - Kelas Malam : Senin – Jumat Jam 18.30 – 21.00 WIB + Blended Learning. - Kelas Sabtu Pagi : Sabtu Jam 07.00 – 14.30 WIB + Blended Learning. - Kelas Sabtu Siang : Sabtu Jam 14.30 – 21.30 WIB + Blended Learning.

Biaya Kuiah Universitas Terbuka

Biaya Pendidikan meliputi uang kuliah paket mata kuliah per semester sebesar Rp1.750.000,00 serta uang kuliah registrasi ujian ulang, praktik/praktikum ulang, TAP ulang, dan Karya Ilmiah sesuai program studi yang diambil. Uang kuliah : Rp. 41.000,00 / sks. Registrasi Ujian Ulang / TAP Ulang : Rp. 41.000,00 / sks. Registrasi PKM / PKP Ulang : Rp. 700.000,00 / mata kuliah.

Gelar di Universitas Terbuka

Untuk mendapatkan gelar cumlaude atau lulus dengan pujian, IPK seorang mahasiswa harus mencapai diatas 3,50. Program-program pendidikan di UT terdiri atas : Program Bergelar, yaitu program pendidikan jenjang Diploma (D3, dan D4), Sarjana (S1), Magister (S2), dan doktoral (S3). Program Non-gelar atau Sertifikat, seperti Program Pendidikan Berkelanjutan (PPB) dan Program Mata Kuliah Mandiri (PMKM). Bisa saja apabila mahasiswa tersebut menempuh program alih kredit. Dengan catatan beban SKS — Satuan Kredit Semester —yang harus mahasiswa tempuh di UT dari awal masuk hingga lulus maksimal hanya 96 SKS (24 SKS per semester) dan wajib lulus semua mata kuliah tanpa ada yang mengulang.

Lulusan Universitas Terbuka

status UT adalah program pendidikan penyetaraan, sementara melalui Surat Keputusan Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (Dikti) Departemen Pendidikan Nasional, Nomor 27 tahun 1991, tentang syarat perekrutan CPNS,"ijazah program pendidikan penyetaraan dilarang mengikuti tes CPNS," para lulusan tidak usah khawatir karena ijazah UT tetap dapat digunakan untuk melamar pekerjaan hingga memproses kenaikan pangkat.

Berikut Jenis Formulir Pendaftaran Universitas Terbuka

Formulir pendaftaran di Universitas Terbuka menjadi dokumen yang cukup penting. Pasalnya ada beberapa jenis formulir yang harus diisi setiap calon mahasiswa baru, jadi bersifat wajib. Lebih jelasnya lagi mengenai apa saja formulir yang tersedia, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Formulir Pas Foto

Sesuai dengan namanya, formulir  ini memang berisi informasi mengenai nama, Nomor Induk Mahasiswa, pas foto dengan ukuran 4 x 6 lengkap beberapa kali tanda tangan. Meskipun formulir ini terlihat sepele, tapi mempunyai peranan penting untuk memastikan calon mahasiswa baru.

Nantinya Anda bisa mendapatkan lembar formulir pendaftaran universitas Terbuka berupa pas foto ini melalui website resmi Universitas Terbuka. Lebih tepatnya di halaman pendaftaran mahasiswa baru akan dilengkapi dengan formulir pas foto yang harus diisi setiap calon mahasiswa baru.

2. Formulir Keabsahan

Formulir pendaftaran di Universitas Terbuka berupa surat pernyataan keabsahan data wajib untuk diisi setiap calon mahasiswa baru. Sesuai dengan namanya, formulir ini untuk memastikan keabsahan dokumen dan kebenaran data.

Selain itu, di dalam formulir ini juga mengharuskan pendaftar mengisi Informasi pribadi seperti nama lengkap, Nomor Induk Mahasiswa, tempat tanggal lahir, alamat, nomor HP dan email. Semua kolom harus diisi dengan benar. Jika perlu, cek ulang sebelum menyetorkannya ke pihak universitas.

3. Formulir Pernyataan SIPAS

Universitas Terbuka menyediakan dua layanan, salah satunya SIPAS. Perlu diketahui jika SIPAS merupakan Sistem Paket Semester, sehingga untuk pembayaran per semester bukan per SKS. Jika menggunakan layanan ini, harus mengisi formulir pernyataan SIPAS.

Jadi, sederhananya isi dari formulir pendaftaran di Universitas Terbuka ini untuk memastikan agar mahasiswa tidak berpindah layanan mulai registrasi semester pertama hingga semester selanjutnya. Jadi, menandatangani formulir ini sama halnya setuju alias sepakat.

4. Formulir Data Pribadi

Bukan menjadi hal yang asing lagi jika formulir pendaftaran di Universitas Terbuka yang paling penting yaitu data pribadi. Pasalnya data pribadi mempunyai peran yang sangat penting dan nantinya berguna untuk dokumen penting lain seperti nilai dan ijazah.

Anda bisa download formulir tersebut melalui website resmi Universitas Terbuka atau link pendaftaran mahasiswa baru. Isi semua data yang tersedia dengan benar. Ikuti juga ketentuan yang sudah tercantum di lembar formulir tersebut. Misalnya saja cara pengisian dan lain sebagainya.

5. Formulir Penilaian Kerja

Jenis formulir pendaftaran di Universitas Terbuka yang selanjutnya yaitu penilaian kinerja. Namun, formulir ini khusus untuk mahasiswa yang mengambil jurusan PG PAUD dan PGSD. Jadi, formulir ini nantinya akan diisi oleh Kepala Sekolah dimana mahasiswa tersebut mengajar PAUD atau SD.

Informasi yang ada di dalam formulir ini meliputi diklat yang diikuti guru, prestasi akademik, keterampilan guru dalam mengajar, aktivitas profesi yang diikuti, karya keguruan, penghargaan diraih dan pengalaman organisasi. Lebih tepatnya formulir ini merupakan penilaian kinerja profesional guru.

Kurang lebih itulah penjelasan mengenai 5 jenis formulir pendaftaran Universitas Terbuka yang wajib diisi oleh calon mahasiswa baru. Semua jenis formulir tersebut bisa didapatkan dengan mudah melalui website resmi Universitas terbuka atau melalui link pendaftaran mahasiswa baru.

Search keyword: formulir pendaftaran universitas terbuka 2023,www ut ac id formulir,pendaftaran mahasiswa baru ut,pendaftaran ut samarinda 2023,,formulir pendaftaran universitas terbuka 2023,jadwal pendaftaran universitas terbuka,www.ut.ac.id daftar,syarat pendaftaran universitas terbuka,sia ut ac id,katalog ut kode program studi,ut.ac.id login,lampiran katalog ut