Tips memilih jenis-jenis asuransi syariah terbaik

zeronews.my.id  Tips memilih jenis-jenis asuransi syariah terbaik -  Pengertian asuransi adalah perjanjian kerja sama antara perusahaan asuransi dan nasabah. Dalam perjanjian tersebut dinyatakan bahwa nasabah harus menyetorkan premi untuk kemudian mendapatkan manfaat pertanggungan jika terjadi kerugian.

asuransi mobil terbaik,asuransi mobil all risk,simas asuransi,sinarmas asuransi,asuransi kendaraan,asuransi all risk,asuransi mobil sinarmas,asuransi mobil simas,cara klaim asuransi mobil, salah satu perbedaan antara asuransi umum dengan asuransi syariah adalah,asuransi syariah adalah,reasuransi syariah adalah,perbedaan asuransi syariah dan konvensional,pengertian asuransi syariah,perbedaan asuransi syariah dan asuransi konvensional,asuransi konvensional adalah,asuransi syariah di indonesia,contoh asuransi syariah,produk asuransi syariah,asuransi jiwa syariah,asuransi kesehatan syariah,akad asuransi syariah,apa itu asuransi syariah,jenis-jenis asuransi syariah,perusahaan asuransi syariah,materi asuransi syariah,perbedaan asuransi konvensional dan asuransi syariah,asuransi syariah dan konvensional,perkembangan asuransi syariah di indonesia

Tips Memilih Asuransi Syariah Terbaik dan Termurah

Memilih asuransi syariah yang murah dan terbaik harus melalui banyak pertimbangan. Untuk itu berikut tips memilih asuransi syariah terbaik dan termurah yang bisa menjadi pertimbangan Anda.

1. Pilih polis asuransi sesuai kebutuhan dan manfaat

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli polis asuransi syariah adalah pilihlah sesuai kebutuhan keluarga. Sebab ada banyak produk asuransi syariah terbaik mulai dari kesehatan, umum, jiwa dan lain-lain. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan keluarga Anda dengan membaca manfaat pertanggungan asuransi tersebut.

2. Bandingkan dulu polis asuransi syariah sebelum membelinya

Setiap produk asuransi memiliki kelebihan dan keunggulan. Jangan sampai Anda membeli produk asuransi syariah murah tanpa memperhatikan manfaat pertanggungannya. Untuk itu bandikan dulu polis yang Anda inginkan dari perusahaan satu dan perusahaan lainnya untuk mengetahui keunggulan asuransi syariah tersebut.

Hal ini akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan harga akad (premi) termurah tapi manfaat polis lengkap. Melalui Lifepal Anda bisa membandingkan polis dari berbagai perusahaan asuransi syariah di Indonesia dengan mudah ketika mengisi fomulir berikut ini!

3. Pastikan terdaftar resmi dan diawasi regulator

Hal terpenting yang juga wajib menjadi pertimbangan adalah pastikan perusahaan tersebut memiliki payung hukum resmi. Perusahaan asuransi syariah terbaik di Indonesia biasanya sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Selain asuransi syariah OJK tentunya juga diawasi oleh DPS (Dewan Pengawas Syariah).

Pengawasan oleh DPS tersebut akan memberikan rasa nyaman pada Anda, sebab perusahaan sudah resmi mengelola keuangan bebas riba. Jadi, Anda bisa tenang ketika membeli produk asuransi tersebut.

4. Pilihlah asuransi yang memiliki rekanan RS dan bengkel luas

Perusahaan asuransi syariah terbaik biasanya akan bekerjasama dengan bengkel maupun rumah sakit. Itulah sebabnya sebelum membeli pastikan Anda mencari tahu lebih dulu jumlah rekanan bengkel maupun rumah sakit brand asuransi syariah tersebut.

Sebab jika sudah bekerjasama dengan banyak bengkel dan RS tentu akan membantu memudahkan Anda jika terjadi kerusakan mobil, harus rawat inap dan lain-lain.

5. Pilih perusahaan asuransi dengan kredibilitas terpercaya

Kredibilitas bukan cuma brand-nya terkenal saja, tetapi juga terpercaya soal pelayanannya dan sebisa mungkin minim komplain. Jadi, Anda harus mencari informasi mendetail sebelum membeli asuransi tersebut.

Jenis asuransi syariah klaim

Berdasarkan Fatwa MUI di atas, terdapat empat jenis jenis asuransi syariah klaim. Berikut penjelasan singkat mengenai jenis klaim asuransi syariah!

Klaim kontrak habis

Klaim kontrak habis adalah klaim yang dilakukan ketika masa asuransi berakhir. Perusahaan akan memberikan santunan kepada peserta yang telah menyelesaikan kontrak (akad) dalam pembayaran premi.

Klaim kesehatan

Klaim kesehatan adalah klaim yang dilakukan perusahaan kepada tertanggung atau pemegang polis yang mengalami sakit. Klaim akan memberikan santunan untuk rawat inap, pembedahan, obat-obatan, hingga biaya perawatan lain sesuai akad yang disepakati.

Klaim kecelakaan

Klaim kecelakaan diberikan kepada peserta yang mengalami kecelakaan. Klaim ini termasuk pemberian santunan meninggal dunia atau cacat total tetap akibat kecelakaan, serta kerusakan pada kendaraan.

Klaim meninggal

Klaim meninggal adalah pemberian santunan meninggal dunia atau uang pertanggungan (UP) jiwa kepada keluarga atau ahli waris dengan besar santunan sesuai akad. Ahli waris tidak hanya mendapatkan santunan sesuai dengan akad yang dijanjikan, tetapi juga berhak mendapatkan tabungan peserta dan hasil keuntungan dari investasi (dengan catatan peserta memiliki akad mudharabah yang menyediakan manfaat tabungan atau investasi).

Jenis Asuransi Jiwa Syariah

Setelah memahami apa itu asuransi jiwa syariah, berikutnya kenali juga apa saja jenis asuransi jiwa syariah.

Jenis produk asuransi jiwa syariah terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu asuransi jiwa syariah murni, jiwa syariah berjangka (term life), jiwa syariah seumur hidup (whole life), serta asuransi jiwa dwiguna (endowment) dan asuransi jiwa investasi syariah (unit link). Berikut ulasan singkat masing-masing jenis produk asuransi jiwa syariah!

1. Asuransi jiwa syariah berjangka (term life)

Asuransi jiwa syariah berjangka atau populer dengan istilah term life adalah produk asuransi yang memberikan santunan meninggal dunia atau UP jiwa kepada ahli waris. Bedanya, pengelolaan dana pemegang polis dilakukan sesuai syariat Islam.

Selain itu, periode proteksi atau masa asuransi tidak lama. Biasanya tersedia pilihan 1 tahun, 5 tahun, hingga 10 tahun. Masa asuransi disesuaikan dengan kesepakatan pada akad dan premi yang sanggup dibayar calon tertanggung.

Jenis polis ini sangat cocok untuk Anda yang khawatir risiko riba namun dapat tetap terproteksi secara finansial dengan asuransi jiwa. Yuk, bandingkan polis terbaiknya dengan premi murah!

2. Asuransi jiwa syariah seumur hidup (whole life)

Asuransi jiwa syariah seumur hidup yang populer dengan nama whole life adalah produk asuransi jiwa yang memberikan manfaat utama santunan meninggal atau UP jiwa kepada ahli waris. Dikelola secara syariat, bedanya dengan term life terletak pada masa proteksi.

Asuransi jiwa syariah seumur hidup memberikan masa asuransi seumur hidup atau hingga usia tertanggung 100 tahun. Pada asuransi konvensional, jika tertanggung hidup hingga 100 tahun, maka premi yang dibayarkan selama itu akan hangus. Pada asuransi jiwa syariah tidak demikian, ada pengembalian sesuai perhitungan yang adil.

Biasanya jenis asuransi ini tergolong asuransi jiwa murni syariah karena tidak menawarkan manfaat investasi sekaligus.

3. Asuransi jiwa syariah dwiguna (endowment)

Asuransi jiwa syariah dwiguna adalah produk asuransi jiwa yang memberikan dua manfaat utama yaitu santunan meninggal dunia dan tabungan berjangka. Jika tidak ada klaim, maka tertanggung akan mendapatkan nilai tunai berupa tabungan. Jika terjadi risiko tutup usia, maka ahli waris mendapatkan santunan UP jiwa dan tabungan.

Salah satu contoh dari asuransi jiwa syariah dwiguna adalah asuransi pendidikan. Pada asuransi pendidikan, tabungan berjangka akan diberikan sesuai tahapan pendidikan anak. Namun, ada juga asuransi pendidikan yang manfaatnya adalah investasi bukan tabungan, disebut unit link.

4. Asuransi jiwa syariah plus investasi (unit link)

Asuransi jiwa syariah plus investasi atau unit link adalah produk asuransi yang memberikan dua manfaat yaitu santunan meninggal dunia dan investasi. Kontribusi (premi) yang dibayarkan akan disisihkan ke dua kantong berbeda yaitu untuk asuransi jiwa dan untuk investasi.

Bedanya dengan unit link konvensional adalah unit link syariah memastikan dana investasi dari pemegang polis digunakan untuk investasi yang halal dan sesuai syariat Islam.

Mekanisme Asuransi Jiwa Syariah

Sementara, mekanisme asuransi jiwa syariah pada dasarnya sama dengan asuransi jiwa konvensional, yaitu memberikan solusi finansial kepada keluarga yang ditinggalkan, jika tertanggung atau tulang punggung keluarga mengalami risiko meninggal dunia atau cacat tetap/sebagian. Solusi yang diberikan berupa santunan meninggal dunia. 

Hanya saja dalam asuransi jiwa syariah, pengelolaan dana perusahaan mengikuti syariat Islam dan harus mendapatkan izin usaha fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI). 

Demikian disampaikan Tips memilih jenis-jenis asuransi syariah terbaik mudah mudahan bisa dipahami dan semoga bermanfaat ya...

search keyword: asuransi mobil terbaik,asuransi mobil all risk,simas asuransi,sinarmas asuransi,asuransi kendaraan,asuransi all risk,asuransi mobil sinarmas,asuransi mobil simas,cara klaim asuransi mobil, salah satu perbedaan antara asuransi umum dengan asuransi syariah adalah,asuransi syariah adalah,reasuransi syariah adalah,perbedaan asuransi syariah dan konvensional,asuransi kesehatan syariah,akad asuransi syariah,apa itu asuransi syariah,jenis-jenis asuransi syariah,perusahaan asuransi syariah,materi asuransi syariah,perbedaan asuransi konvensional dan asuransi syariah,asuransi syariah dan konvensional,perkembangan asuransi syariah di indonesia