Jurusan Sepi Peminat di UIN Jakarta untuk mahasiswa baru

zeronews.my.id  Jurusan Sepi Peminat di UIN Jakarta - Universitas Islam Negeri Jakarta masuk dalam kategori kampus populer di Indonesia. Meskipun demikian, tapi ada beberapa jurusan sepi peminat di UIN Jakarta yang jarang diketahui. Salah satu jurusan yang jarang diminati yaitu bahasa Arab, karena dari materi dan praktek yang tidak mudah.

jurusan uin bandung yang sepi peminat,jurusan span-ptkin yang sepi peminat,daya tampung uin,jurusan sepi peminat di uin malang,jurusan sepi peminat di uinsa,daya tampung uin jakarta,skor utbk uin jakarta 2023,daya tampung spmb uin jakarta 2023,jurusan favorit di uin jakarta,jurusan sepi peminat di uin jakarta jalur snmptn,jurusan sepi peminat di uin jakarta soshum,jurusan sepi peminat di unj snmptn,jurusan upi yang sepi peminat tapi peluang kerja besar,jurusan soshum upi yang sepi peminat,jurusan soshum unj yang sepi peminat,jurusan yang banyak diminati di uin bandung

Fakultas UIN Jakarta 

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta kini telah memiliki 1 Sekolah Pascasarjana dan 11 fakultas untuk Program Sarjana, Program Pascasarjana, Program Profesi, hingga Program Internasional.

Akreditasi UIN Jakarta

UIN sekaligus memperbaiki ranking UIN Jakarta pada edisi pemeringkatan Juli 2021. Pada edisi itu, UIN Jakarta menempati posisi ke-51 nasional dan nomor urut ke-2 pada kategori PTKIN dan PTKN Kementerian Agama RI. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta mendapatkan akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada tahun 2018 berdasarkan Surat Keterangan 25/SK/BAN-PT/Akred/PT/II/2018. Akreditasi tersebut berlaku hingga tanggal 27 Februari 2023.

Jalur Masuk UIN Jakarta

Jalur Masuk UIN Jakarta Pada saat ini UIN Jakarta menerima calon mahasiswa baru melalui beberapa jalur seleksi, yaitu: Pendafaran jalur SNBP, SNBT, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan Pendaftaran Jalur Mandiri UIN Jakarta.

1.SNMPTN, Kamu bisa masuk UIN JAKARTA lewat beberapa jalur, salah satunya adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Jalur ini merupakan pergantian dari sistem sebelumnya yaitu SNMPTN.
2. SPAN-PTKIN. 
3.UTBK-SBMPTN, Berapa Nilai UTBK Tertinggi di UIN JAKARTA? Saat ini nilai utbk tertinggi Universitas Islam Negeri Jakarta (UIN JAKARTA) adalah 677 dan untuk nilai terendah utbk UIN JAKARTA ialah 580.
4. UM-PTKIN.
5.SMM PTN-BARAT.
6. SPBM Mandiri, Materi Ujian Jalur Mandiri UIN Jakarta. - Khusus kelompok IPS: Kemampuan IPS terdiri dari Ekonomi, Sosiologi, Geografi, Sejarah, Matematika IPS. - Khusus kelompok IPA: Kemampuan IPA terdiri dari Fisika, Biologi, Kimia, Matematika IPA

Biaya Kuliah UIN Jakarta

Apabila kamu berencana untuk mengemban pendidikan di UIN, berikut adalah daftar biaya kuliah UIN Jakarta Jalur Mandiri 2022 yang lengkap: UKT Kelompok 1: Rp 400.000. UKT Kelompok 2: Rp 1.580.000 - Rp 15.000.000. UKT Kelompok 3: Rp 1.760.000 - Rp 21.000.000. Berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 244 Tahun 2022 Tentang Uang Kuliah Tunggal Tahun Akademik 2022-2023, biaya kuliah di UIN Sunan Kalijaga dengan sistem UKT memiliki rentang antara Rp.0,00 hingga Rp.9.000.000,00 untuk program studi selain kedokteran. UKT Kelompok 1: Rp 400.000. UKT Kelompok 2: Rp 1.580.000 - Rp 15.000.000. UKT Kelompok 3: Rp 1.760.000 - Rp 21.000.000. UKT Kelompok 4: Rp 1.970.000 - Rp 27.000.000.

UIN Jakarta punya 5 (lima) gedung asrama, yang dibagi menjadi 3 (tiga) gedung asrama putra di daerah Legoso Ciputat dan Pisangan Ciputat, dan 2 (dua) gedung asrama putri di Kertamukti Ciputat dan Legoso Ciputat. Harganya sangat terjangkau, yaitu Rp 3.500.000 per tahunnya.

Kelas Karyawan UIN Jakarta

Kelas karyawan hanya bisa ditempuh dengan jalur mandiri. Jadwal kuliah kelas karyawan dapat dipilih : Kuliah Malam : Senin – Jumat Jam 18.30 – 21.00 WIB + Blended Learning. Kuliah Sabtu Pagi : Sabtu Jam 07.00 – 14.30 WIB + Blended Learning. Kuliah Sabtu Siang : Sabtu Jam 14.30 – 21.30 WIB + Blended Learning.

Daya Tampung UIN Jakarta

kapasitas program studi untuk menampung jumlah mahasiswa dalam proses pendidikan berdasarkan ketersediaan sumber daya manusia, infrastruktur pembelajaran, dan/atau laboratorium di perguruan tinggi negeri sesuai ketentuan perundang-undangan. Pada tahun akademik 2022/2023 ini, UIN Jakarta menyediakan kuota sebanyak 1.849 kursi atau sebesar 30 persen dari total kuota penerimaan mahasiswa baru (PMB). Kuota tersebar di 56 prodi dari 12 fakultas yang ada.2

Inilah Jurusan Sepi Peminat di UIN Jakarta

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya jika UIN Jakarta memang cukup populer saat ini. Alasan utama kenapa termasuk kampus populer karena menyediakan banyak jurusan atau program studi. Namun, ternyata ada beberapa jurusan sepi peminat di UIN Jakarta, seperti berikut penjelasannya.

1. Pendidikan Agama Islam

Jurusan sepi peminat di UIN Jakarta yang pertama yaitu pendidikan agama Islam. Banyak yang mengira jurusan ini mempunyai prospek kerja kecil di era modern seperti saat ini. Padahal kenyataannya berbalik 100%, karena mempunyai prospek kerja terbilang bagus.

Setelah lulus kuliah bisa masuk ke lembaga pendidikan untuk menjadi guru ataupun dosen. Apalagi di UIN Jakarta saat ini Pemilihan Jurusan ini terbilang kecil, sehingga peluang untuk masuk ke jurusan ini jauh lebih mudah karena minim pesaing.

2. Pendidikan Bahasa Arab

Pendidikan bahasa Arab juga termasuk jurusan sepi peminat di UIN Jakarta saat ini. Alasannya karena bahasa Arab termasuk salah satu bahasa yang terbilang sulit untuk dipahami. Selain itu, banyak juga yang mengira lulusan dari pendidikan bahasa Arab sulit mendapatkan pekerjaan.

Padahal sebenarnya pendidikan bahasa Arab sangatlah dibutuhkan di era seperti saat ini. Banyak juga lembaga pendidikan yang membutuhkan lulusan dari jurusan pendidikan bahasa Arab. Terlebih lagi bagi anda lulusan madrasah Aliyah, jurusan ini cocok untuk dipilih.

3. Pendidikan Bahasa Inggris

Jurusan sepi peminat di UIN Jakarta yang selanjutnya yaitu pendidikan bahasa Inggris. Padahal di era seperti saat ini kemampuan berbahasa Inggris sangat dibutuhkan. Begitu juga lulusan S1 bahasa Inggris saat ini banyak dibutuhkan di berbagai lembaga maupun instansi.

Nantinya lulusan dari pendidikan bahasa Inggris bisa menjadi seorang guru, English content, tour guide dan lain sebagainya. Bahkan, banyak juga perusahaan besar yang membutuhkan tenaga kerja dengan kemampuan berbahasa Inggris yang bagus.

4. Pendidikan Bahasa Indonesia

Jurusan sepi peminat di UIN Jakarta yang selanjutnya yaitu pendidikan bahasa Indonesia. Sesuai dengan namanya, jurusan ini memang mempelajari struktur, pelafalan bunyi hingga tata bahasa yang baik dan benar. Begitu juga untuk peluang karirnya terbilang cerah.

Nantinya lulusan S1 pendidikan bahasa Indonesia mempunyai prospek kerja cukup luas. Bisa menjadi seorang guru, penulis, jurnalis dan masih banyak lagi. Meskipun mempunyai prospek kerja bagus, Tapi sayangnya peminat jurusan ini terbilang kecil.

5. Pendidikan Biologi

Pendidikan biologi juga masuk dalam kategori jurusan sepi peminat di UIN Jakarta saat ini. Jurusan yang mempelajari mengenai berbagai makhluk hidup seperti manusia, flora dan fauna ini ternyata peminatnya terbilang sedikit. Alasannya karena termasuk jurusan yang rumit.

Namun, Bagi siapapun yang berasal dari lulusan SMA jurusan IPA, pendidikan biologi menjadi jurusan yang tepat. Nantinya lulusan dari pendidikan biologi bisa menjadi tenaga pendidik, peneliti, analis dan lainnya. Selain itu, masih banyak juga peluang karir cemerlang untuk jurusan pendidikan biologi.

Kurang lebih itulah penjelasan mengenai 5 jurusan sepi peminat di UIN Jakarta saat ini. Jika anda tertarik dengan salah satu jurusan tersebut, justru akan lebih mudah untuk diterima. Beda dengan jurusan lain yang harus berhadapan dengan banyak pesaing. 

Search Keyword: skor utbk uin jakarta 2023,daya tampung spmb uin jakarta 2023,jurusan favorit di uin jakarta,jurusan sepi peminat di uin jakarta jalur snmptn,jurusan sepi peminat di uin jakarta soshum,jurusan sepi peminat di unj snmptn,jurusan upi yang sepi peminat tapi peluang kerja besar,jurusan soshum upi yang sepi peminat,jurusan soshum unj yang sepi peminat,jurusan yang banyak diminati di uin bandung