UPN Veteran Jakarta Negeri atau Swasta? Simak Penjelasan Berikut!

upn veteran jakarta negeri atau swasta

Zeronews.my.id  UPN Veteran Jakarta Negeri atau Swasta - Universitas Pembangunan Nasional Veteran atau biasa dikenal dengan UPN merupakan kampus populer di Jakarta. Lalu, UPN Veteran Jakarta negeri atau swasta? Apapun itu, Universitas ini mempunyai banyak fakultas dengan program studi yang cukup beragam.

Universitas veteran jakarta

Pada tahun 1995 berubah menjadi Perguruan Tinggi Swasta dengan nama UPN Veteran Jawa Timur yang secara operasional di bawah pembinaan Yayasan Kejuangan Panglima Besar Sudirman dan secara fungsional di bawah pembinaan Departemen Pertahanan dan Keamanan RI. Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta atau biasa disingkat UPN "Veteran", merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia yang berlokasi di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada saat didirikan, UPN "Veteran" Yogyakarta hanya memiliki 3 jurusan. Semenjak tahun 2014, UPN "Veteran" Jakarta resmi ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Pada saat didirikan, UPN "Veteran" Jakarta hanya memiliki tiga akademi (Akademi Bank, Akademi Tekstil, dan Akademi Tata Laksana Pelayaran Niaga)

Akreditasi UPN

Saat ini, UPN Veteran Jakarta telah terakreditasi A oleh BAN-PT dan telah memiliki tujuh fakultas yang terdapat lebih dari 20 program studi. 10 perguruan tinggi terbaik tersebut tentunya punya kualitas yang sangat bagus dalam pendidikan tinggi di Indonesia. UPN Veteran Yogyakarta (UPNVY) merupakan perguruan tinggi negeri termuda di Indonesia. PTN ini baru diresmikan 2014 lalu setelah sejak 1995 mendapatkan status sebagai Perguruan Tinggi Swasta. Sekalipun baru berusia muda, kampus ini sudah mendapatkan akreditasi B dari BAN-PT. Terlebih Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Terakreditasi 'Unggul'

Biaya kuliah di UPN

Berapa biaya kuliah di UPN Jakarta? dimulai kelompok I Rp 500.000 dan Kelompok II sebesar Rp 1.000.000 yang berlaku semua program studi. Selanjutnya UKT untuk kelompok III dan seterusnya bervariasi tergantung program studi, paling tinggi Prodi Kedokteran dengan range antara Rp 9,3 Juta sampai dengan Rp 22,3 Juta.

Beasiswa UPN

UPNVY BUKA KESEMPATAN BEASISWA WIMAYA BAGI 400 MAHASISWA Sleman - Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNV YK) membuka kesempatan bagi 400 mahasiswanya untuk menerima Beasiswa Wimaya Tahun 2022. Besaran beasiswa yang akan diterima yakni Rp250.000 per bulan atau Rp3.000.000 per tahun.

SNPTN UNP

Salah satu keunggulan SNMPTN adalah kuota penerimaan mahasiswa baru yang paling besar yaitu 50% dibandingkan kuota jalur SBMPTN minimal 30%. Selain itu, SNMPTN juga hanya menyeleksi berdasarkan hasil prestasi akademik dan/atau portofolio siswa selama sekolah. Seleksi penerimaan UPNVY melalui SNMPTN diperuntukkan bagi siswa SMA, SMK, sederajat yang memiliki potensi akademik tinggi dan yang akan mendapatkan ijazah Pendidikan Menengah Atas pada tahun ijazah 2022.

Peringkat UPN 

Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta Merupakan kampus yang menempati peringkat ke-6.409 dunia menurut versi webometrics. UPN Veteran Jakarta memiliki 7 fakultas yang terdiri dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Kedokteran, Teknik, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ilmu Komputer, Hukum, Ilmu Kesehatan. Ranking #94 dari 4.911 Kampus. UPN Veteran Yogyakarta masuk dalam rangking ke-104 atau nomor ke-6.127. Jurusan yang menjadi incaran di sini tak lain adalah teknik pertambangan dan teknik perminyakan.

UPN Veteran Jakarta Negeri atau Swasta?

Jika bertanya mengenai UPN Veteran Jakarta negeri atau swasta, jawabannya adalah Perguruan Tinggi Negeri. Kampus ini berada di Jakarta, lebih tepatnya berada di jalan Rs. Fatmawati, Pondok Labu, Jakarta Selatan.

UPN Veteran Jakarta menjadi Universitas Negeri pada tahun 2014. Seiring berjalannya waktu program studi yang tersedia di kampus ini juga mengalami peningkatan. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan program studi yang diminati saat ini.

Beberapa program studi yang cukup populer di UPN Veteran Jakarta seperti Kedokteran Umum, Teknik, ilmu politik, sistem informasi dan masih banyak lagi. Semua program studi yang tersedia di Universitas ini sudah mendapatkan akreditasi.

Daftar Fakultas UPN Veteran Jakarta

Setelah mengetahui jawaban dari UPN Veteran Jakarta negeri atau swasta, ketahui juga apa saja fakultas yang tersedia. Kurang lebih ada 7 fakultas yang tersedia di UPN Veteran Jakarta. Selengkapnya mengenai apa saja fakultas dan program studi tersedia, berikut penjelasannya.

1. Fakultas Kedokteran

Fakultas kedokteran di UPN Veteran Jakarta sudah ada sejak tahun 1993. Bisa dikatakan fakultas ini terbilang tua jika dibandingkan dengan fakultas lain yang terdapat di UPN Veteran Jakarta. Fakultas ini mempunyai dua program studi, seperti berikut ini:

• Program Studi S1 Kedokteran Umum
• Program Studi Pendidikan Dokter

 2. Fakultas Teknik

Mengetahui jawaban UPN Veteran Jakarta negeri atau swasta rasanya kurang lengkap jika tidak mengetahui apa saja program studi tersedia di fakultas teknik. Fakultas ini sudah ada sejak tahun 1993 dan mempunyai tiga program studi, seperti berikut:

• Teknik Mesin
• Teknik Perkapalan
• Teknik Industri

 3. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Fakultas selanjutnya yang terdapat di UPN Veteran Jakarta yaitu ilmu sosial dan ilmu politik. Perlu diketahui jika fakultas ini sudah berdiri pada tahun 1994. Sejak berdirinya sampai saat ini mempunyai tiga program studi, yaitu:

• Ilmu Komunikasi
• Ilmu Politik
• Hubungan Internasional

 4. Fakultas Ilmu Komputernya

Setelah mengetahui Jawaban dari pertanyaan UPN Veteran Jakarta negeri atau swasta, jangan lewatkan juga mengenai program studi di fakultas ilmu komputer. Sederhananya ada tiga program studi yang tersedia di fakultas ilmu komputer, seperti berikut:

• Manajemen Informatika
• Teknik Informatika
• Sistem Informasi

 5. Fakultas Hukum

Fakultas selanjutnya yang ada di UPN Veteran Jakarta yaitu hukum. Perlu diketahui jika fakultas ini baru ada sejak tahun 2000. Sedangkan untuk program studi yang tersedia hanya satu untuk S1 dan S2. Berikut program studi yang tersedia:

• Ilmu Hukum S1
• Ilmu Hukum S2

 6. Fakultas Ilmu Kesehatan

UPN Veteran Jakarta negeri atau swasta? Perguruan tinggi negeri ini mempunyai fakultas ilmu kesehatan dengan 4 pilihan program studi untuk D3 dan S1 serta 1 program profesi. Lebih jelasnya lagi mengenai 4 program studi tersebut, berikut daftarnya:

• Kesehatan Masyarakat (S-1)
• Keperawatan (S-1)
• Ilmu Gizi (S-1)
• Fisioterapi (D-3)
• Keperawatan (D-3)
• Profesi Ners.

 7. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Fakultas selanjutnya yang ada di UPN Veteran Jakarta yaitu ekonomi dan bisnis atau biasa dikenal dengan FEB. Fakultas yang sudah ada sejak tahun 1993 ini mempunyai dua program studi D3 dan 2 program studi S1, seperti berikut:

• Program Studi S1 Akuntansi
• Program Studi S1 Manajemen
• Program Studi D3 Keuangan dan Perbankan

Asrama UPN

Rusunawa atau Asrama Putri Rusunawa alias rumah sederhana sewa di UPN Veteran Jawa Timur dikhususkan untuk mahasiswi saja. Hal ini merupakan wujud kepedulian kampus kepada mahasiswi yang tinggal jauh dari Surabaya.

Kurang lebih itulah penjelasan mengenai jawaban dari UPN Veteran Jakarta negeri atau swasta lengkap dengan daftar fakultasnya. Sedangkan untuk informasi lebih lengkap mengenai UPN Veteran Jakarta, bisa cek langsung ke website resminya. 

Search keyword: jurusan sepi peminat di upn veteran jakarta,upn jakarta jurusan,pendaftaran upn veteran jakarta,jurusan upn veteran jakarta soshum,kepanjangan upn surabaya,upn veteran jakarta mandiri,jurusan di upn jakarta dan akreditasinya