Jenis asuransi mobil termurah di Indonesia

zeronews.my.id  Jenis asuransi mobil - Jenis asuransi mobil terdiri atas asuransi mobil all risk (comprehensive) dan Total Loss Only (TLO). asuransi mobil all risk menanggung semua risiko, sementara asuransi mobil TLO hanya meng-cover kerusakan parah saja. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya, baik dari segi pertanggungan maupun besaran premi.

asuransi mobil all risk,asuransi all risk,asuransi tlo,tlo asuransi,tlo asuransi adalah,asuransi mobil,asuransi tlo adalah,asuransi kendaraan mobil,tlo,tlo adalah,jenis asuransi mobil comprehensive,jenis asuransi mobil all risk,perbedaan asuransi comprehensive dan all risk,materi asuransi kendaraan bermotor,asuransi tlo adalah,asuransi comprehensive artinya,asuransi kendaraan bermotor adalah,asuransi all risk mobil

Karena itu, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan dan jenis mobil. Misalnya saja, memilih Asuransi Mobil KIA, Asuransi Mobil Nissan, Asuransi Mobil ACC, Asuransi Mobil BCA Insurance, dan lain sejenisnya.

Bicara soal premi, biaya premi asuransi mobil disesuaikan dengan jenis yang dipilih. Secara garis besar kisarannya mulai dari Rp600 ribuan per tahun atau sekitar Rp50 ribuan per bulan!

Jenis asuransi mobil

Agar tak salah pilih, Anda perlu tahu dulu jenis-jenis asuransi kendaraan yang harus dipilih. Sebab, premi bergantung pada jenis asuransi dan kondisi mobil yang dimiliki.

1. Contoh Polis Asuransi Mobil All Risk

Manfaat asuransi mobil all risk artinya jenis asuransi kendaraan  yang akan terima segala jenis klaim kerusakan mobil, dari kerusakan ringan sampai yang rusak parah. Asuransi mobil all risk yang bagus dan cocok buat Anda yang baru membeli mobil agar ketika mengalami lecet bisa langsung mengajukan klaim.

Karena menanggung segala kerusakan, tentunya premi asuransi mobil all risk akan jauh lebih besar. Misalnya saja, besaran premi all risk insurance  wilayah Jakarta adalah 3,26 persen dari harga mobil. Persentase premi tersebut lebih besar ketimbang premi termahal asuransi kendaraan TLO yang berada di angka 0,78 persen saja!

2. Contoh Polis Asuransi Mobil TLO

Manfaat asuransi mobil TLO memberikan jaminan atau biaya pertanggungan hanya jika mobil hilang akibat pencurian atau terjadi kerusakan dengan nilai perbaikan sama atau lebih dari 75 persen dari harga mobil pada saat itu. Artinya, mobil harus benar-benar rusak total atau tidak bisa dipakai, baru Anda bisa mengajukan klaim. Jadi, kalau mobil hanya lecet satu sentimeter, jangan berharap klaim akan disetujui.

Karena baru bisa mengajukan klaim ketika kendaraan rusak parah, maka besaran preminya tentu lebih ringan dibandingkan dengan premi asuransi mobil all risk. Bahkan, besarannya bisa tiga kali lipat lebih kecil dari premi asuransi mobil all risk. Untuk premi minimal wilayah Jakarta adalah 0,44 persen dari harga mobil.

3. Asuransi Mobil Gabungan

Ada juga jenis asuransi kendaraan gabungan, antara all risk dan TLO, tetapi hanya bisa diperoleh saat kredit mobil. Cara kerjanya adalah di tahun pertama mobil akan ditanggung secara all risk, kemudian di tahun berikutnya hanya asuransi mobil TLO saja.

4. Asuransi Mobil Perluasan (Rider)

Dari ketiga jenis asuransi mobil di atas, Anda masih bisa menambahkan jaminan perluasan asuransi kendaraan. Jaminan perluasan adalah manfaat/benefit tambahan selain pertanggungan karena kecelakaan atau hilang. Jaminan perluasan dengan premi tambahan:

  • Jaminan perluasan asuransi kendaraan banjir dan angin topan
  • Jaminan perluasan asuransi kendaraan gempa bumi dan tsunami
  • Jaminan perluasan asuransi kendaraan  huru-hara atau kerusuhan
  • Jaminan perluasan asuransi kendaraan  terorisme dan sabotase
  • Jaminan perluasan asuransi kendaraan  tanggung jawab hukum pihak ketiga (TPL)
  • Jaminan perluasan asuransi kendaraan kecelakaan diri penumpang
  • Jaminan perluasan asuransi kendaraan  tanggung jawab hukum terhadap penumpang

5. Asuransi Mobil Collision Coverage

Ini merupakan asuransi kendaraan  yang dikhususkan untuk menanggung biaya pengobatan akibat tabrakan yang disebabkan oleh pengemudi. Selain itu, asuransi kendaraan  ini juga akan menanggung biaya kerusakan dan ganti rugi sesuai dengan harga mobil yang nasabah miliki.

6. Asuransi Mobil Liability Insurance

Asuransi mobil satu ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Collision Coverage. Bedanya, asuransi Liability Insurance memberi jaminan tambahan berupa biaya tagihan medis atau cedera yang dialami oleh pemegang polis asuransi kendaraan.

7. Asuransi Mobil Personal Injury Protection

Asuransi Mobil Personal Injury Protection memberikan jaminan perlindungan bagi nasabah yang mengalami kecelakaan terhadap diri sendiri ketika sedang berkendara. Tidak hanya itu, jenis asuransi mobil ini juga memberikan biaya tambahan sebagai ganti rugi atas insiden kecelakaan yang dialami nasabah dan penumpangnya.

Perbedaan Asuransi Mobil All Risk atau TLO

Sederhananya, asuransi mobil all risk menanggung segala jenis kerusakan, baik kerusakan kecil maupun total. Sementara, asuransi mobil TLO hanya menanggung kerusakan total saja atau biaya perbaikan mobil di atas 75 persen dari harga mobil tersebut saat itu.

Agar lebih mudah, mari simak perbedaan asuransi mobil all risk dan asuransi mobil TLO pada tabel berikut:

Jenis          All Risk                                                                           TLO

Usia mobil Maks. 12 Tahun                                                      Maks. 15 tahun – 20 tahun
Cocok untuk Mobil baru & sering berkendara di kota yang padat   Mobil tua atau mobil bekas
Biaya premi Mulai dari 3,26 persen dari harga mobil              Mulai dari 0,44 persen harga mobil
Manfaat         Semua kerusakan, bahkan lecet, dan hilang              Min. kerusakan 75 persen hilang

Asuransi untuk Mobil Tua

Bagi Anda pemilik mobil berusia tua ataupun pengoleksi mobil antik pasti juga ingin memberikan proteksi asuransi kendaraan yang lebih agar mobil tersebut tetap memiliki performa yang optimal dan awet. Lalu apakah kita bisa mengajukan asuransi untuk mobil tua?

Tentu saja bisa, namun asuransi mobil tua maupun mobil bekas memiliki ketentuan yang berbeda daripada yang baru. Contoh, untuk dapat menggunakan asuransi all risk mobil bekas maka usia mobil maksimal 10 tahun dan beberapa perusahaan asuransi kendaran akan mengenakan biaya tambahan untuk mobil tua.

Sedangkan, pertanggungan asuransi mobil TLO merupakan yang paling cocok untuk mobil tua umumnya dengan maksimal usia 10-20 tahun. Apa saja keuntungan asuransi mobil TLO  bagi mobil tua atau mobil bekas?

Harga premi asuransi mobil TLO relatif murah

  • Penggantian ganti rugi pada risiko kehilangan biasanya lebih rendah 10% dari harga jual mobil
  • Penggantian ganti rugi pada risiko kecelakaan dengan penambahan perluasan jaminan TJH, umumnya juga akan memberikan penggantian ganti rugi yang dialami pihak ketiga yang mengalami kerugian.
  • Jika terjadi kecelakaan dengan kerusakan di atas 75 persen atau rusak parah hingga tidak dapat diperbaiki, maka perusahaan asuransi akan memberikan penggantian ganti rugi secara penuh

asuransi untuk mobil tua

Secara umum, beberapa perusahaan asuransi mobil seperti Astra Asuransi Mobil Garda Oto, Allianz Asuransi, dan Adira Autocillin diketahui memberikan batasan usia pada kendaraan maksimal 8 tahun untuk mendapatkan manfaat all risk asuransi mobil bekas dan maksimal 15 tahun untuk manfaat TLO.

Alasan pembatasan Asuransi Mobil All Risk Garda Oto tersebut didasarkan pada semakin tua usia mobil, maka suku cadangnya akan semakin jarang, seperti mobil BMW. Sudah barang tentu memastikan ketersediaan suku cadang sangat penting bagi para nasabah yang ingin memperbaiki mobilnya.

Perlu diketahui bahwa pembatasan usia ini juga diukur dari tahun berjalan atau pembelian, bukan dari status mobil baru atau bekas/seken.

Akan tetapi, ada juga perusahaan asuransi yang menyediakan pertanggungan khusus mobil antik misalnya mobil Mercy, dengan usia lebih dari 40 Tahun dan syarat kondisi mobil dan aksesoris sesuai bawaan awal.

Tersedia juga asuransi online yang menanggung mobil klasik dengan usia antara 20 – 40 tahun, dengan syarat boleh mengalami perbaikan dan perawatan tetapi tidak mengubah desain dan spesifikasi awal.

Demikian ulasan tentang Jenis asuransi mobil termurah di Indonesia semoga bisa bermanfaat ya..

Search keyword: asuransi mobil all risk,asuransi all risk,asuransi tlo,tlo asuransi,tlo asuransi adalah,asuransi mobil,asuransi tlo adalah,asuransi kendaraan mobil,tlo,tlo adalah,jenis asuransi mobil comprehensive,jenis asuransi mobil all risk,perbedaan asuransi comprehensive dan all risk,materi asuransi kendaraan bermotor,asuransi tlo adalah,asuransi comprehensive artinya,asuransi kendaraan bermotor adalah,asuransi all risk mobil