AM Best mempertahankan peringkat kredit PT Asuransi Tokio Marine Indonesia

zeronews.my.id  - AM Best telah mengkonfirmasi peringkat Kekuatan Keuangan A- (Sangat Baik) dan peringkat Kredit Emiten Jangka Panjang "a-" (Sangat Baik) dari PT Asuransi Tokio Marine Indonesia (TMI) (Indonesia). Prospek peringkat kredit ini stabil.

AM Best mempertahankan peringkat kredit PT Asuransi Tokio Marine Indonesia

Peringkat ini mencerminkan kekuatan neraca TMI, yang dinilai sangat kuat oleh AM Best, serta kinerja operasional yang kuat, profil bisnis terbatas, dan manajemen risiko perusahaan yang sesuai. Selain itu, peringkat juga mempertimbangkan peningkatan peringkat dari Tokio Marine & Nichido Fire Insurance Co., Ltd. (TMNF), yang merupakan entitas operasional asuransi utama dari Tokio Marine Holdings, Inc. (TMH).

Penilaian kekuatan neraca TMI didukung oleh kapitalisasi yang disesuaikan dengan risiko, yang diperkirakan akan tetap berada pada level terkuat dalam jangka menengah, seperti yang diukur oleh Best's Capital Adequacy Ratio (BCAR). TMI telah menunjukkan generasi modal internal yang kuat, dengan pertumbuhan ekuitas pemegang saham rata-rata tahunan sebesar 13,2% selama lima tahun terakhir (2018-2022). 

Rasio solvabilitas perusahaan meningkat dari 340% pada akhir tahun 2021 menjadi 350% pada akhir tahun 2022, jauh di atas persyaratan regulasi minimum sebesar 100%. Selain itu, TMI memiliki portofolio investasi yang konservatif yang terdiri terutama dari obligasi pemerintah, kas, dan deposito. Faktor yang sebagian mengimbangi kekuatan neraca meliputi ketergantungan moderat perusahaan pada reasuransi dan risiko kredit mitra yang tinggi mengingat eksposisinya terhadap mitra (re)asuransi domestik yang tidak memiliki peringkat pada skala peringkat kekuatan keuangan internasional.

AM Best menilai kinerja operasional perusahaan sebagai kuat, didukung oleh hasil underwriting yang selalu menguntungkan dan rasio pengembalian ekuitas rata-rata selama lima tahun sebesar 18% (2018-2022). Perusahaan melaporkan combined ratio sebesar 84% pada tahun 2022, yang stabil dibandingkan dengan tahun 2021. Rasio kerugian TMI meningkat sedikit pada tahun 2022; peningkatan rasio kerugian pada lini kargo laut dan rekayasa berhasil diredam oleh pengalaman kerugian yang lebih menguntungkan dalam asuransi kebakaran dan lini lainnya. 

Rasio biaya perusahaan menurun pada tahun 2022, didorong oleh basis premi bersih yang lebih besar, tetapi AM Best memperkirakan bahwa ini akan meningkat dalam jangka menengah sebagai hasil dari investasi yang direncanakan dan biaya akuisisi bersih yang lebih tinggi. Meskipun demikian, AM Best memperkirakan kinerja underwriting secara keseluruhan TMI akan tetap menguntungkan. Pendapatan investasi TMI terus mendukung laba secara keseluruhan. Meskipun hasil investasi dari obligasi pemerintah dan deposito menurun pada tahun 2022, pengembalian dapat menguntungkan dalam jangka dekat dengan adanya kenaikan suku bunga domestik sejak paruh kedua tahun 2022.

AM Best melihat profil bisnis TMI sebagai terbatas. TMI adalah perusahaan asuransi non-hayat berukuran kecil di Indonesia, dengan pangsa pasar domestik sebesar 2,5%, seperti yang diukur berdasarkan total premi bruto yang ditulis pada tahun 2022. AM Best melihat portofolio perusahaan terdiversifikasi secara moderat berdasarkan jenis bisnis dengan lini utama termasuk asuransi kebakaran, kargo laut, dan asuransi kendaraan, meskipun dengan konsentrasi geografis di Indonesia. 

TMI mendapatkan akses istimewa terhadap risiko terkait kepentingan Jepang di luar negeri (JIA) di Indonesia berkat afiliasi dan merek bersama dengan TMH. Perusahaan juga telah menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dalam risiko non-JIA seiring waktu, terutama untuk kargo laut.