Jurusan di UI yang Peminatnya Sedikit menjadi PTN terfavorit

zeronews.my.id  Jurusan di UI yang Peminatnya Sedikit - Universitas Indonesia atau UI menjadi salah satu PTN favorit di Indonesia, banyak orang yang ingin menempuh pendidikan disana. Namun taukah anda, jika dibalik kepopulerannya ternyata ada lho jurusan di UI yang peminatnya sedikit.

Belum diketahui apa yang penyebab jurusan tersebut sepi peminat, bisa karena faktor persyaratannya yang terlalu rumit atau karena memang jurusan yang dimaksud kurang menarik bagi calon mahasiswa baru.

akreditasi ui,jurusan kuliah di ui,program studi ui,fakultas universitas indonesia,akreditasi universitas indonesia,jurusan di ui jakarta,akreditasi jurusan ui,jurusan di ui dan akreditasinya,fakultas dan jurusan di ui,akreditasi jurusan di ui,akreditasi statistika ui,jurusan di ui,jurusan di ui yang peminatnya sedikit,keketatan jurusan di ui,jurusan di ui jakarta,jurusan jurusan di ui,fakultas dan jurusan di ui,jurusan di ui depok,jurusan di ui dan passing grade,daftar jurusan di ui,10 jurusan di ui dengan keketatan,jurusan di ui yang banyak diminati,jurusan di ui untuk anak ipa,jurusan di ui saintek,10 jurusan di ui dengan keketatan tertinggi


Akreditasi UI

Akreditasi Universitas Indonesia (UI) : A  Universitas Indonesia mendapatkan akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada tahun 2017 berdasarkan Surat Keterangan Nomor 5239/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2017. Akreditasi tersebut berlaku hingga tanggal 27 Desember 2022.

Jurusan di UI

Saat ini, UI memiliki 14 fakultas, dengan lebih dari 291 program studi. Menjadi universitas terbaik di Indonesia, menjadikan UI sebagai tujuan favorit untuk melanjutkan pendidikan tinggi. 

Masa studi baku Program Sarjana dirancang untuk 8 semester dan dapat ditempuh minimal dalam 7 semester dan maksimal dalam 12 semester. 2. Mahasiswa yang memperoleh transfer kredit dapat menyelesaikan studi dalam waktu minimal 4 semester.

Jalur masuk UI

Jalur Masuk UI Pada S1 Reguler, Kemdikbud melalui Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) membuka kesempatan untuk seluruh sekolah kurikulum nasional mengikuti jalur ini dengan syarat dan ketentuan yang diatur dalam kegiatan bernama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Jalur Masuk UI. Untuk bisa kuliah di UI ada beberapa jalur masuk UI, yaitu SNMPTN, SBMPTN, PPKB & Talent Scouting, SIMAK UI. Jalur SNMPTN yaitu jalur tanpa tes (rapor) yang bisa diikuti oleh seluruh siswa di seluruh Indonesia. 

Biaya Masuk Jalur Mandiri S1 UI 2022 SIMAK UI S1 Reguler/S1 Paralel/Vokasi sebesar Rp600.000 untuk 3 pilihan pertama kelompok ujian IPA dan IPS sekaligus (IPC). Jika hanya memilih 2 prodi tetap membayar Rp500.000. - Setiap tambah prodi/jurusan selanjutnya dikenakan tambahan Rp100.000/prodi.

Asrama di UI

Asrama Kampus UI Depok diresmikan pada 10 Januari 1996 oleh Rektor Universitas Indonesia yang menjabat yakni Prof. Dr. M.K. Tadjuddin. Memiliki total 13 tower, asrama ini dapat dihuni oleh seluruh Mahasiswa Aktif UI yang diprioritaskan untuk Mahasiswa non-Jabodetabek.  Uang asrama UI per bulan yaitu: Kamar kapasitas 1-2 orang: Rp 300.000 per orang. Kamar kapasitas 1-3 orang: Rp 200.000 per orang. Khusus kamar blok H-2: Rp 500.000 per orang.

Biaya Kuliah UI

Yang pertama adalah Uang Pangkal (UP) yang pertama kali dibayarkan sekali ketika mahasiswa memasuki universitas. Namun, mulai tahun 2013 Universitas Indonesia (UI) memulai kebijakan baru bahwa mahasiswa baru program studi S1 reguler dibebaskan dari biaya UP.

Universitas Indonesia sendiri menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal alias UKT sebagai sistem pembayarannya. Berikut ini rincian biaya pendaftaran SIMAK UI 2022 untuk setiap program: - Biaya pendaftaran SIMAK UI program S1 reguler, S1 paralel, dan vokasi adalah Rp500.000 untuk 2 pilihan pertama pada kelompok ujian IPA atau IPS. Jika hanya memilih 1 prodi tetap membayar Rp500.000 dan Rp 100.000 bila menambah 1 prodi. Biaya kuliah program S1 Reguler di UI telah diatur dalam SK Rektor UI No. 178 Tentang Tarif Uang Kuliah Tunggal Bagi Mahasiswa Program Sarjana Reguler. Rumpun Sains Tekonologi dan Kesehatan: Rp 0 - Rp 7,5 juta per semester. Rumpun Humaniora: Rp 0 - Rp 5 juta per semester.

Jurusan di UI yang Peminatnya Sedikit

Saking banyaknya jurusan di Universitas Indonesia (UI), bukan berati semua bisa terpenuhi kuotanya. Umumnya para mahasiswa baru ini fokus memilih jurusan yang mereka inginkan, tanpa tahu kira-kira jurusan di UI yang peminatnya sedikit itu dibagian apa.

Nah untuk anda yang penasaran, maka bisa simak ulasan tentang sejumlah jurusan di UI yang peminatnya sedikit berikut ini.

1. Jurusan Geografi UI dan Geofisika UI

Apakah anda suka dengan pelajaran Matematika? Maka jurusan Geografi UI dan Geofisika UI ini layak untuk anda pertimbangkan jika ingin menempuh pendidikan di UI. Jurusan yang masuk dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ini memiliki jumlah peminat yang sedikit. 

Berbagai mata kuliah yang akan anda temui di jurusan Geografi UI mulai dari geografi penduduk, oseanografi, kerentanan bencana alam, dan masih banyak lagi. Sementara untuk lulusan Geofisika ini sangat dibutuhkan oleh perisahaan bidang energi dan pertambangan.

2. Jurusan Fisika UI dan Kimia

Sama halnya dengan yang diatas tadi, jurusan Fisika UI dan Kimia ini juga masuk dalam fakultas FMIPA, dan menjadi salah satu jurusan di UI yang peminatnya sedikit. Jadi untuk anda yang suka banget dengan pelajaran Fisika dan Kimia maka ini jadi peluang untuk anda.

3. Jurusan Biologi UI dan Geologi UI

Masih dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), ada lagi beberapa jurusan yang memiliki peminat sedikit. Yakni jurusan Biologi UI dan Geologi UI, dimana daya tampung mahasiwanya pun dari tahun ketahun tetap stabil dibawah 50.

Untuk jurusan Biologi UI anda akan mempelajari tentang keanekaragaman tumbuhan, mikroorganisme, struktur hewan, dan lain sebagainya. Sementara untuk Geologi UI merupakan ilmu yang mempelajari tentang Bumi, mulai dari analisis sumur minyak bumi, paleontologi, dan masih banyak lagi.

4. Teknik Kimia

Jurusan di UI yang peminatnya sedikit selanjutnya kali ini berbeda dengan yang diatas tadi ya, karena masuk kedalam Fakultas Teknik. Jurusan ini mempelajari berbagai hal tentang teknologi perancangan pabrik, seperti bioproses, makanan, dan lain sebagainya. 

Meskipun peminatnya sedikit, namun prospek kerja dari jurusan ini sangat bagus dan banyak dibutuhkan. Tertarik?

5. Teknik Perkapalan

Teknik perkapalan juga menjadi salah satu jurusan yang peminatnya dari kampus UI, dimana hal ini jadi peluang bagus bagi anda yang ingin masuk kesana. Pada jurusan ini anda akan mempelajari berbagai materi seperti mekanika fluida dasar kapal, perancanga kamar mesin kapal, dan masih banyak lagi.

6. Teknologi Bioproses UI

Jurusan di UI yang peminatnya sedikit selanjutnya adalah Teknologi Bioproses UI. Mungkin sedikit asing anda mendengar nama jurusan tersebut, dimana anda akan mempelajari soal pemanfaatan biomassa seperti mikroorganisme dan lain sebagainya.

Sama halnya yang di atas tadi, jika jurusan ini masuk kedalam Fakultas Teknik dengan jumlahpeminat yang sedikit.

7. Jurusan lainnya

Selan sejumlah pembahasan diatas, masih ada jurusan di UI yang peminatnya sedikit untuk anda ketahui, mulai dari Jurusan Teknik Metalurgi dan Material, Sastra Jawa UI, Ilmu Filsafat, Sastra Rusia, Sastra Perancis, Sastra Jerman, Sastra Jepang, Ilmu Sejarah, Arkeologi, Ilmu Ekonomi Islam, Bisnis Islam, dan Teknik Biomedis.

Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang jurusan di UI yang peminatnya sedikit, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Search keyword: keketatan jurusan di ui,jurusan di ui jakarta,jurusan jurusan di ui,fakultas dan jurusan di ui,jurusan di ui depok,jurusan di ui dan passing grade,daftar jurusan di ui,10 jurusan di ui dengan keketatan,jurusan di ui yang banyak diminati,jurusan di ui untuk anak ipa,jurusan di ui saintek,10 jurusan di ui dengan keketatan tertinggi