5 Jurusan di UIN Walisongo yang Sepi Peminat, Peluang Masuk Lebih Besar

jurusan uin semarang,uin di jawa tengah,nilai rata-rata masuk uin walisongo,jurusan terbaik di uin walisongo,jurusan di uin walisongo yang sepi peminat um-ptkin,jurusan psikologi di uin walisongo,jurusan sosiologi uin walisongo semarang,nilai utbk uin walisongo,jurusan saintek uin walisongo,jurusan fitk uin walisongo

Zeronews.my.id  Jurusan di UIN Walisongo yang Sepi Peminat - UIN Walisongo Semarang tidak hanya menyediakan jurusan yang berbasis Islam, tapi juga jurusan umum lainnya. Ada juga beberapa jurusan di UIN Walisongo yang sepi peminat seperti matematika, teknologi informasi, ilmu hukum dan lainnya.

Biaya masuk UIN Walisongo

Biaya kuliah jalur mandiri UIN Walisongo Semarang diberlakukan sama dengan jalur reguler lainnya seperti SNMPTN, UTBK-SBMPTN, SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN. Calon mahasiswa baru jalur mandiri hanya dikenakan UKT per semester tanpa dibebani uang pangkal atau uang gedung. Berapa biaya mandiri UIN Walisongo? Untuk Uang Kuliah Tunggal (UKT) jalur Mandiri di UIN Walisongo memiliki sedikit variasi, yakni mulai dari yang terendah hingga tertinggi: Rp1.435.000, Rp1.115.000, Rp1.505.000, Rp2.000.000, Rp2.360.000, Rp2.400.000 dan Rp2.408.000. Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang membuka pendaftaran program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) tahun 2021. Berdasarkan pengumuman nomor B-3197/Un.10.0/R.3/KM.02.01/08/2021 pendaftaran mulai dibuka pada tanggal 6 September 2021 sampai 10 September 2021

Akreditas UIN Walisongo

Universitas Islam Negeri Walisongo (disingkat UIN Walisongo) adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Prof. Dr. Imam Taufiq, M.Ag. UIN Walisongo akreditasi apa? Universitas yang dulu bernama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo ini saat ini telah mengantongi peringkat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Sementara di tingkat PTKIN, UIN Walisongo peringkat 4, mengungguli sejumlah kampus lain seperti UIN Bandung, UIN Sunan Ampel Surabaya. Peringkat UIN Walisongo berada dibawah UIN Riau, UIN Malang dan UIN Jakarta. Pemeringkatan Webometrics dilihat pada Kamis (30/1) pukul 22.00 WIB.

Jurusan terbaik di uin walisongo

UIN Walisongo Semarang tercatat sebagai PTKIN terbaik ke-2 berdasarkan penilaian Kementerian Agama, PTKIN kampus hijau terbaik ke-2 berdasarkan penilaian Universitas Indonesia GreenMetric (UIGM), dan peringkat ke-5 PTKIN berdasarkan 4ICU. Jumlah keseluruhan Mahasiswa baru Laki-laki 1.304 dan Mahasiswa Perempuan 2.800 Total 4.104 Mahasiswa.. Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang memiliki sarana dan prasarana yang lengkap sebagai penunjang proses perkuliahan.

Jurusan di uin walisongo

Jalur mandiri prestasi seperti apa? Jalur Mandiri Prestasi adalah seleksi mahasiswa baru yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa SMA, SMK, MA, atau yang sederajat di dalam dan luar negeri (Sekolah Republik Indonesia/SRI) yang memiliki prestasi unggul dalam bidang tertentu. Seleksi jalur mandiri UIN dilakukan melalui skor UTBK, skor UM-PTKIN, ujian tertulis, dan prestasi. Mahasiswa Akuntansi Syariah FEBI UIN Walisongo raih Juara 3 dalam Essay National Competition. Eqi Suciati Mahasiswa Jurusan Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo berhasil menjadi juara 3 dalam kegiatan Essay National Competition.

Berikut 5 Jurusan di UIN Walisongo yang Sepi Peminat

UIN Walisongo merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Semarang. Sebagai salah satu PTN, tak heran jika banyak yang tertarik kuliah disini. Namun, Jika ingin mendapatkan peluang besar masuk, bisa memilih jurusan di UIN Walisongo yang sepi peminat seperti berikut ini.

1. Teknologi Informasi

Bagi Anda yang tertarik dalam bidang teknologi dan informasi, sepertinya jurusan teknologi informasi di UIN Walisongo menjadi pilihan tepat. Pasalnya jurusan ini termasuk sepi peminat, sehingga peluang diterima jauh lebih besar.

Program studi teknologi informasi terfokus untuk menghasilkan lulusan agar profesional dalam bidang rekayasa perangkat keras maupun lunak. Apalagi saat ini peluang kerja dalam bidang teknologi informasi juga terbuka lebar, sehingga cukup menjanjikan untuk masa depan.

2. Ilmu Politik

Ilmu politik juga masuk dalam kategori jurusan di UIN Walisongo yang sepi peminat di Tahun 2022. Alasan kenapa jurusan ini sepi peminatnya, karena mata kuliah yang dipelajari tidak main-main. Mengingat berhubungan dengan hukum yang berlaku di Indonesia.

Selain itu, mahasiswa lulusan dari jurusan ilmu hukum harus bisa menerapkan teori-teori ilmu politik agar dapat memberikan solusi terbaik dari setiap permasalahan. Bahkan, materi kuliahnya tidak hanya mempelajari politik di Indonesia, tapi di berbagai negara.

3. Matematika

Jurusan di UIN Walisongo yang sepi peminat selanjutnya yaitu matematika. Memang bukan menjadi hal yang asing lagi jika matematika menjadi mata pelajaran paling dibenci banyak orang. Namun, bagi yang tertarik di jurusan ini bisa mendapatkan peluang kerja yang luas.

Nantinya lulusan dari Jurusan matematika bisa menjadi seorang guru di jenjang pendidikan tertentu atau bidang lainnya yang masih relevan. Begitu juga peluang masuk Jurusan matematika di UIN Walisongo terbuka lebar, karena peminatnya terbilang minim.

4. Biologi

Biologi juga termasuk jurusan di UIN Walisongo yang sepi peminat di Tahun 2022. Alasan kenapa jurusan ini minim peminat karena kebanyakan hanya sesuai dengan siswa yang lulusan dari SMA jurusan IPA. Padahal sebenarnya untuk jurusan lain masih bisa kuliah dengan prodi biologi.

Jurusan ini mempelajari ilmu tentang manusia, tumbuhan, hewan dan makhluk hidup lainnya. Selain itu, di jurusan ini juga mempelajari beberapa subjek seperti genetika, ekologi, anatomi organisme, perilaku dan sel molekul setiap makhluk hidup. Biasanya, jurusan ini lebih banyak praktek daripada teori.

5. Ilmu Hukum

Jurusan di UIN Walisongo yang sepi peminat selanjutnya yaitu ilmu hukum. Sesuai dengan namanya, mata kuliah ini memang terfokus pada praktek hukum. Selain itu, ilmu hukum tidak hanya terfokus pada hukum satu bidang saja, tapi mencakup bidang yang lebih luas.

Baik itu bidang meliputi hak asasi manusia, hukum perdagangan, hukum kepemilikan dan lain sebagainya. Saat ini prospek kerja lulusan jurusan ilmu hukum semakin besar. Pasalnya kebutuhan masyarakat terhadap hukum semakin meningkat untuk mengatasi berbagai permasalahan.

Asrama di UIN Semarang

Apakah di UIN Semarang ada asrama? Adapun Ma'had Al-Jami'ah UIN Walisongo Semarang ini dikhususkan hanya untuk mahasiswa baru. Dan biasanya hanya tinggal selama satu tahun. Kamu mahasiswa yang butuh tempat tinggal seperti asrama? Jangan takut, ada juga nih asrama untuk kamu. “Siapapun yang masuk UIN (mahasiswa baru) nantinya, wajib masuk asrama selama setahun. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo hingga sekarang masih mengantongi peringkat akreditasi A dari BAN-PT yang berlaku hingga tahun 2024. 

Kurang lebih itulah penjelasan mengenai 5 jurusan di UIN Walisongo yang sepi peminat, sehingga peluang masuk jauh lebih besar. Meskipun termasuk jurusan sepi peminat, tapi masalah kualitas dari semua jurusan tersebut tidak perlu Anda ragukan lagi, karena sudah terakreditasi. 

Search Keyword: jurusan uin semarang,uin di jawa tengah,nilai rata-rata masuk uin walisongo,jurusan terbaik di uin walisongo,jurusan di uin walisongo yang sepi peminat um-ptkin,jurusan psikologi di uin walisongo,jurusan sosiologi uin walisongo semarang,nilai utbk uin walisongo,jurusan saintek uin walisongo,jurusan fitk uin walisongo