Prodi IPB yang sepi peminat, Universitas Favorit 2023

jurusan ipb sepi peminat,jurusan diploma ipb yang sepi peminat,jurusan sepi peminat di ipb,jurusan sepi peminat ipb 2021,daya tampung ipb,jurusan diploma ipb yang paling diminati,daya tampung vokasi ipb 2021,prodi ipb,jurusan soshum ipb,jurusan di ipb saintek,jurusan favorit di ipb,jurusan favorit di ipb snmptn,jurusan di ipb dan prospek kerjanya,jurusan sepi peminat,jurusan sepi peminat di ugm,jurusan its yang sepi peminat sbmptn,jurusan ipb saintek,jurusan sepi peminat di ui

Zeronews.my.id  Prodi IPB yang sepi peminat - Institut Pertanian Bogor atau di singkat IPB ini menjadi salah satu PTN terkemuka di Indonesia, bahkan peminat setiap tahunnya terus meningkat. Meskipun begitu, ternyata tak banyak yang tahu jika ada beberapa Prodi IPB yang sepi peminat.

IPB menjadi salah satu universitas di Indonesia yang fokus pada ilmu pertanian. Karena Indonesia menjadi salah satu negara yang bergantung pada sektor agraris, membuat ilmu mengenai dunia pertanian masih sangat di butuhkan di Indonesia.

Pilihan program studi

Program studi atau prodi adalah bagian dari sebuah jurusan. Sebuah jurusan bisa terdiri dari beberapa prodi yang memiliki fokus ilmu yang sama. Sebagai contoh yaitu Jurusan Sejarah memiliki dua program studi yaitu Ilmu Sejarah dan Pendidikan Sejarah

Akreditasi Institut Pertanian Bogor IPB

Institusi IPB mendapat Nilai A (Sangat Baik) BAN-PT memutuskan bahwa Institut Pertanian Bogor (IPB) memperoleh status terakreditasi dengan Nilai 375 yaitu peringkat A (sangat baik). Institut Pertanian Bogor (IPB) merupakah Perguruan Tinggi Negeri yang berlokasi di Kota Bogor, Jawa Barat. IPB diresmikan pada tahun 1963, yang mana sebelum itu IPB merupakan sebuah fakultas pertanian di Universitas Indonesia. Melompat 62 Peringkat, IPB Masuk Top 450 Dunia QS World University Rankings 2023. Jakarta: Institut Pertanian Bogor (IPB University) berhasil masuk Top 450 Dunia di pemeringkatan QS World University Rankings 2023. Posisi IPB tepatnya berada di urutan ke-449 sebagai perguruan terbaik di dunia.

Institut Pertanian Bogor (IPB) Universitas favorit

Apakah IPB favorit? Institut Pertanian Bogor (IPB) merupakan salah satu universitas pertanian terbaik dan favorit di Indonesia. Di kampus IPB terdapat banyak Program Studi yang telah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT. Bahkan ada juga program studi yang telah bersertifikasi internasional. Tahun ini IPB University berhasil masuk Top 450 Dunia versi QS WUR. IPB University tepatnya berada di urutan 449 berdasarkan informasi yang di keluarkan oleh QS World University Rankings dan ditandatangani oleh Ben Sowter, Senior Vice-President, QS Quacquarelli Symond pada Juni 2022.

Biaya Kuliah IPB

Biaya kuliah bisa mahal karena: Universitasnya bergengsi. Jadi mereka bisa saja menetapkan biaya kuliah yang mahal, karena bagaimana pun yang mau masuk ke universitas tersebut jumlahnya jauh lebih banyak daripada yang diterima masuk. Peralatannya mahal (seperti misalnya jurusan kedokteran, teknik migas, dsb). Berapa biaya kuliah di IPB? Biaya kuliah di IPB untuk mahasiswa sarjana, mengacu pada Surat Keputusan Rektor Nomor 66/IT3/KU/2019 tanggal 27 Februari 2019. Surat ini berlaku untuk angkatan 2020 dan dikategorikan menjadi lima golongan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Supaya kamu tidak salah langkah dan nggak dapat UKT mahal, sebaiknya kamu terapkan 5 hal berikut ini:

  • Pilih Universitas Negeri.
  • Pilih Kampus Termurah di Daerah yang Dituju. 
  • Pilih Jurusan Kuliah Paling Murah. 
  • Masuk Lewat Jalur SBMPTN atau SNMPTN. ...
  • Cari Beasiswa.

Ketika kamu lulus SNMPTN, biaya UKT biasanya tidak lebih dari Rp 3.000.000 per semester. Kamu dapat mengajukan keberatan supaya pihak kampus bisa menurunkan biaya kuliah, tergantung hasil wawancara berhubungan dengan data orangtua sesuai laporan penghasilan tiap bulannya.

Jurusan di ipb dan prospek kerjanya

IPB Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia (Pemeringkatan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia): Peringkat ke-3 (Tahun 2018), Peringkat ke-3 (Tahun 2017), Peringkat ke-4 (Tahun 2016), dan Peringkat ke-3 (Tahun 2015). Seperti Lulusan fakultas Pertanian jadi apa? Kamu bisa bekerja di Dinas Pertanian dan perkebunan sebagai PNS. Tidak hanya itu, kamu bisa menjadi Badan Koordinasi Survei, LSM, dll. Gajinya pun menjanjikan yaitu mulai dari 5-20 juta. Lulusan pertanian bisa mendaftar sebagai pegawai negeri sipil di instansi pemerintahan seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, BPOM, dan lembaga penelitian lainnya.

Setelah lulus dari jurusan pertanian, tidak menutup mungkin kamu juga memiliki peluang untuk menjadi tenaga pendidik. Misalnya menjadi guru atau bahkan menjadi dosen terutama jika melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang S2, S3. Peluang pekerjaan ini sangat besar dan bisa digeluti.

Di IPB ini memang memiliki banyak sekali prodi yang ada kaitannya dengan ilmu Pertanian, namun tidak semuanya terisi sesuai kuota mahasiswa yang tersedia. Ada beberapa Prodi IPB yang sepi peminat, sehingga ini menjadi peluang yang bagus karena memiliki pesaing yang minim.

5 Prodi IPB yang Sepi Peminat

Belum diketahui apa yang jadi alasan kenapa prodi di IPB tersebut sepi peminat, bisa jadi karena kurang populernya di kalangan para calon mahasiswa. Dilansir dari berbagai sumber, terdapat 5 Prodi IPB yang sepi peminat berhasil kami rangkum untuk anda.

Penasaran dengan Prodi apa saja yang kami maksud? Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini :

1. Fisika

Prodi IPB yang sepi peminat pertama kali ini adalah Fisika. Di mana untuk peminat prodi S1 Fisika ni hanya 151 peserta dengan jumlah daya tampung peserta sekitar 35 kursi saja. Alasan utama kenapa prodi ini sepi peminat umumnya karena prospek kerja yang dinilai sulit.

Padahal jika anda serius menekuni bidang tersebut, bukan tidak mungkin anda menjadi ilmuwan maupun sebagai insinyur handal yang dibutuhkan banyak media besar.

2. Meteorologi Terapan

Nama prodi ini mungkin cukup asing di telinga anda, dan itu bisa jadi salah satu alasan kenapa prodi tersebut sep peminatnya, Jumlah peserta yang mendaftar prodi ini sebanyak 265 orang dengan kuota kursi hanya 35 saja.

Prospek kerja dari prodi ini nantinya berkaitan dengan penelitian lapisan udara. Selain itu bisa juga menjadi seorang untuk menafsirkan data meteorologi dari sejumlah stasiun, radar, dan juga satelit, dan memungkinkan anda di rekrut oleh BMKG (Badan Meterorolog, Klimatologi, dan Geofisika).

3. Teknologi Hasil Perairan

Prodi IPB yang sepi peminat selanjutnya adalah Teknologi Hasil Perairan. Di mana peminat dari prodi tersebut sekitar 130 orang saja, dengan jumlah kursi yang disediakan mencapai 33. Tentu penerapan ilmu ini sangatlah berguna, mengingat Indonesia memiliki sistem kelautan yang terus berkembang.

4. Teknologi Hasil Ternak

Selanjutnya ada jurusan Teknologi Hasil Ternak yang masuk dalam kategori prodi IPB yang sepi peminat. Di mana jumlah peminat dari jurusan kuliah ini hanyalah 221 orang dengan jumlah kursi yang disediakan hanya ada 28 krusi saja.

Meskipun hasil pertanian di Indonesia lebih maju dari peternakan, namun tidak menutup kemungkinan teknologi di bidang semakin maju dan meningkatkan hasil yang lebih maksimal. Jadi tidak bisa dianggap remeh mengenai jurusan tersebut.

5. Ilmu dan Teknologi Kelautan

Dan prodi IPB yang sepi peminat terakhir kali ini adalah Ilmu dan Teknologi Kelautan. Jumlah peminat prodi ini setiap tahunnya sekitar 300 orang dengan daya tampung sekitar 35 kursi saja.  Tentu prospek dari jurusan ini memungkinkan anda bisa masuk dalam analis kelautan, kementrian kelautan, sampai analis konservasi kawasan.

Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang prodi IPB yang sepi peminat, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Search keyword: daya tampung vokasi ipb 2021,prodi ipb,jurusan soshum ipb,jurusan di ipb saintek,jurusan favorit di ipb,jurusan favorit di ipb snmptn,jurusan di ipb dan prospek kerjanya,jurusan sepi peminat,jurusan sepi peminat di ugm,jurusan its yang sepi peminat sbmptn,jurusan ipb saintek,jurusan sepi peminat di ui