5 Fakultas Kedokteran Swasta Termurah di Indonesia

fakultas kedokteran di bandung,kedokteran gigi swasta murah,biaya kuliah kedokteran sampai lulus,biaya kuliah kedokteran swasta,kedokteran swasta murah,universitas swasta kedokteran,fk swasta murah,kedokteran swasta,fakultas kedokteran swasta di jakarta,biaya kuliah kedokteran unpri medan,fakultas kedokteran swasta termurah di jawa tengah,fakultas kedokteran swasta di jogja,fakultas kedokteran swasta di jawa tengah,fakultas kedokteran gigi swasta termurah,fakultas kedokteran swasta di bogor,universitas dengan jurusan kedokteran,ingin kuliah kedokteran tapi tidak ada biaya,fakultas kedokteran swasta di sumatera

Zeronews.my.id  Fakultas Kedokteran swasta termurah - Fakultas Kedokteran sering kali dianggap sebagai salah satu jurusan perkuliahan yang dikenal dengan biaya pendidikannya yang fantastis. Namun taukah anda jika ternyata ada Fakultas Kedokteran swasta termurah di Indonesia?

Biaya kuliah kedokteran

Alasan mengapa kuliah kedokteran mahal juga disebabkan karena setiap mahasiswa harus memiliki peralatan dasar yang dimiliki dokter. Misalnya seperti stetoskop, tensimeter, penlight, dan lain sebagainya. Hal ini juga menjadi faktor yang menyebabkan mahalnya biaya sekolah kedokteran. biaya kuliah kedokteran dengan BOP-B di UI sebagai berikut: Ilmu Kedokteran reguler Rp17,5 juta dan uang pangkal Rp25 juta. Ilmu Gizi reguler Rp15 juta dan uang pangkal Rp22,5 juta. Dan Ilmu Biomedik reguler Rp 15 juta dan uang pangkal Rp20 juta.

Beasiswa kuliah kedokteran

Beasiswa Full Kedokteran di Indonesia, UI dan diluar swasta. UI menawarkan beasiswa kuliah kedokteran dengan total kuota 3 sampai 5 calon penerima beasiswa untuk satu angkatan. Jika kamu lolos sebagai mahasiswa baru fakultas kedokteran Universitas Indonesia, kamu bisa mengajukan beasiswa tersebut untuk semester pertama.

Bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah kedokteran? Cara Mendapatkan Beasiswa Kedokteran Agar Diterima

1.Jurusan IPA atau Sains. Berada di kelas XII jurusan IPA atau sains atau lulusan SMA setahun sebelumnya.

2. Lulus Tes Kesehatan. Calon penerima beasiswa kedokteran harus sehat jasmani dan rohani.

3. Prestasi Baik.

4. Tidak Buta Warna.

5. Lulus Tes Universitas.

Syarat masuk fakultas kedokteran

Untuk dapat masuk ke fakultas kedokteran swasta terbaik di Indonesia, calon mahasiswa juga harus melewati tes kemampuan akademik atau TPA, juga tes bakat dan kepribadian untuk dapat melihat sejauh mana kelayakan calon mahasiswa untuk masuk ke fakultas kedokteran. 

1. Untuk masuk fakultas kedokteran ada syarat tinggi badan yang harus terpenuhi. Untuk wanita tinggi badan kamu minimal 150 cm, dan untuk laki-laki syarat tinggi badan minimal 155 cm. Sedangkan untuk berat badan memang tidak ada aturan khusus, tapi ada baiknya bagi kamu untuk menjaga berat badan agar tetap fit dan ideal!. 

2. Selama melakukan pemeriksaan fisik, dokter akan memeriksa tanda-tanda vital, termasuk berat badan, detak jantung, dan tekanan darah. Dokter akan menggunakan pemeriksaan fisik untuk mengetahui kinerja tubuh Anda. 

3. Selain terdapat syarat tinggi badan masuk fakultas kedokteran, syarat kedua yang harus Anda penuhi adalah mempunyai tubuh yang sehat, tidak mempunyai penyakit berbahasa seperti TBC, HIV, dan penyakit lain yang menular.

4. Selain itu ada beberpa tahapan tes fakultas kedokteran lainnya. seleksi kedokteran terdiri dari 3 tahapan seleksi :

  • Seleksi dengan nilai akademik (PSB Rapor Kedokteran) atau nilai UTBK (PSB UTBK Kedokteran) atau sertifikat Hafidz Qur'an (PSB Hafidz Kedokteran) atau dengan seleksi tes CBT Kedokteran.
  • Psikotes dan Tes IQ.
  • Pemeriksaan Kesehatan dan Wawancara.

5. Batas usia maksimal 35 tahun sewaktu mengikuti seleksi, kecuali program studi: Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal, Patologi Anatomik dan Patologi Klinik batas usia maksimal 40 tahun pada saat mulai pendidikan.

Lulusan Fakultas Kedokteran

Seperti kuliah pada umumnya, untuk menjadi seorang dokter harus menyelesaikan pendidikan sarjana dalam kurun waktu 3,5 hingga 4 tahun. Selama menjalani perkuliahan, mahasiswa kedokteran akan diasah kemampuannya melalui skill lab, pendalaman materi histologi, mikrobiologi, hingga anatomi. Setelah menyelesaikan program S1 Kedokteran, tahapan berikutnya adalah mengikuti program profesi dokter atau yang biasa kita kenal dengan istilah koas (dokter muda). Selama menjalani program ini kamu akan ditempatkan di rumah sakit yang berbeda-beda dan juga poli yang berbeda-beda. Dokter umum akan mendapatkan gelar dr dan ditulis di depan nama pemiliknya. Sedangkan dokter spesialis akan mendapatkan tambahan gelar spesialis di belakang namanya.

Fakultas Kedokteran swasta murah ialah Makna “murah” disini relatif ya dan bukan makna yang sebenarnya, karena semua itu diukur dengan kemampuan finansial setiap orang masing-masing. Penasaran kampus mana saja yang memiliki Fakultas Kedokteran swasta termurah? Yuk cari tahu jawabannya di bawah ini.

5 Fakultas Kedokteran Swasta Termurah di Indonesia

Untuk anda yang penasaran dengan Fakultas Kedokteran swasta termurah di Indonesia, maka kali ini akan berikan 5 kampus yang menyediakan pendidikan tersebut. Termurah yang kami maksud disini adalah lebih terjangkau jika dibandingkan dengan biaya pendidikan di PTN ternama di indonesia.

Untuk menambah wawasan anda, yang langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini :

1. Universitas Islam Indonesia (UII)

Fakultas Kedokteran swasta termurah pertama kali ini bisa anda temui di Universitas Islam Indonesia (UII). Untuk biaya minimum mengambil Fakultas Kedokteran di kampus ini adalah Rp 316 jutaan, sementara untuk biaya maksimalnya mencapai Rp 391 jutaan pada tahun ajaran 2021/2022 lalu.

Pembiayaan kuliah di kampus ini terbagi dalam dua cara, yakni dana Catur Dharma yang dibayarkan pada tahun pertama saja dan terbagi dalam 5 golongan. Dimana untuk golongan paling rendah adalah Rp 195 jutaan dan paling tinggi Rp 270 jutaan.

2. Universitas Yarsi

Untuk Fakultas Kedokteran selanjutnya ini cocok untuk anda yang berada di Jakarta, dimana Universitas Yarsi memiliki Fakultas Kedokteran dengan akreditasi B. Di kampus ini untuk pembiayaan kulihanya juga terbagi menjadi 3 macam, mulai dari PKKMB, biaya SPP, serta Biaya BPP (Biaya Penyelengaraan pendidikan) yang dapat diangsur.

Pada biaya awal kuliah di Universitas Yarsi ini bisa diangsur dua kali, yakni cicilan pertama untuk biaya PKMB, tiga perempat biaya SPP, serta biaya BPP. Sementara untuk pembayaran kedua cukup biaya SPP saja.

3. Universitas Katolik Indonesia (UNIKA) Atma Jaya

Fakultas Kedokteran swasta termurah selanjutnya bisa anda dapatkan di Universitas Katolik Indonesia (UNIKA) Atma Jaya. Yang membedakannya dengan dua kampus diatas tadi adalah, kampus ini memberlakukan biaya per SKS yang dikalkulasikan totalnya tidak jauh beda.

Untuk besaran biaya SPP Fakultas Kedokteran di kampus ini sekitar Rp 330 juta – Rp 457 jutaan. Dan total untuk pengeluaran biaya kuliah kedokteran di kampus ini menghabiskan biaya sekitar Rp 300 jutaan hingga Rp 435 jutaan, belum termasuk biaya kelulusan.

4. Universitas Tarumanagara (UNTAR)

Jika kurang tertarik dengan dua Universitas di atas, anda bisa memilih UniversitasTarumanegara (UNTAR) jika sedang mencari Fakultas Kedokteran swasta termurah. Fakultas Kedokteran di kampus ini mendapatkan akreditasi A, sehingga layak untuk dipilih.

Jika anda berkuliah di kampus ini untuk Fakultas Kedokteran, maka anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 350 jutaan.

5. Universitas Pelita Harapan (UPH)

Dan Fakultas Kedokteran swasta termurah terakhir bisa anda temukan di Universitas Pelita Harapan. Kampus ini tentu sudah tidak asing lagi dan bisa anda temukan di Tangerang, dan untuk biayanya termasuk paling tinggi dibandingkan empat kampus sebelumnya.

Biaya kuliah Fakultas Kedokteran di UPH ini mulai dari masuk pertama kali hingga lulus, estimasinya sekitar Rp 810 jutaan untuk masa tempuh normal. 

Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang Fakultas Kedokteran swasta termurah di Indonesia. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.

Search keyword: fk swasta murah,kedokteran swasta,fakultas kedokteran swasta di jakarta,biaya kuliah kedokteran unpri medan,fakultas kedokteran swasta termurah di jawa tengah,fakultas kedokteran swasta di jogja,fakultas kedokteran swasta di jawa tengah,fakultas kedokteran gigi swasta termurah,fakultas kedokteran swasta di bogor,universitas dengan jurusan kedokteran,ingin kuliah kedokteran tapi tidak ada biaya,fakultas kedokteran swasta di sumatera