Jurusan UNAIR yang Sepi Peminat ! wajib Tahu

zeronews.my.id  Jurusan UNAIR yang Sepi Peminat - Universitas Airlangga menjadi salah satu perguruan tinggi negeri yang paling favorit saat ini. Alasannya karena Unair menyediakan banyak jurusan yang saat ini banyak dibutuhkan. Disisi lain, ada juga beberapa jurusan UNAIR yang sepi peminat, salah satunya seperti ilmu politik.

jurusan ub yang sepi peminat,jurusan yang jarang diminati,fakultas kedokteran hewan yang sepi peminat,jurusan soshum unair,jurusan yang jarang diminati tapi dibutuhkan,jurusan sepi peminat di unair,jurusan d3 unair yang sepi peminat,jurusan unair yang banyak peminat,jurusan soshum di unair,jurusan unair yang banyak peminat,jurusan unair yang sepi peminat soshum,jurusan sepi peminat di its,jurusan ub yang sepi peminat saintek,jurusan sepi peminat di unesa,jurusan sepi peminat di ugm,jurusan undip yang sepi peminat sbmptn,jurusan ub yang sepi peminat sbmptn,akreditasi jurusan unair,akreditasi universitas airlangga,jurusan di unair dan akreditasinya,universitas airlangga akreditasi,akreditasi teknik industri unair,teknik industri unair akreditasi,teknologi sains data unair akreditasi,prodi unair dan akreditasi,sistem informasi unair akreditasi,unair jurusan dan akreditasi

Akreditasi UNAIR

Universitas Airlangga Memperoleh Nilai yang sangat Baik Sejalan dengan ketentuan Pasal 55 ayat (4) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, akreditasi Perguruan Tinggi dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Menetapkan Status Akreditasi dan Peringkat Terakreditasi Perguruan Tinggi Universitas Airlangga, Kota Surabaya sebagai berikut:

a. Status Akreditasi : Terakreditasi;
b. Peringkat Terakreditasi : A dengan Nilai 376.

Status Akreditasi dan Peringkat Terakreditasi sebagaimana dimaksud diatas berlaku selama 5 (lima) tahun terhitung mulai tanggal Keputusan ini ditetapkan. Universitas Sam Ratulangi menempati peringkat ke-28 sebagai Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia menurut Webometrics Ranking of World Universities edisi Juli 2022. Webometrics merupakan sistem pemeringkatan yang dilakukan berbasis website terhadap Perguruan Tinggi se-dunia. Universitas Airlanggar (Unair) menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di dunia versi Times Higher Education (THE) World University Rankings 2023 (THE WUR 2023). Rangking yang diraih Unair sebesar 1.201-1.500. 

Jurusan kedokteran di UNAIR

Jurusan Kedokteran menjadi program studi paling diminati di Unair. Dikutip dari situs resmi Unair, Fakultas Kedokteran Unair menjadi yang tertua kedua di Indonesia. Fakultas ini memiliki 28 departemen, 43 program studi, salah satunya adalah jurusan S1 Kedokteran.

Jalur masuk UNAIR

Pada tahun ini Universitas Airlangga menerima pendaftaran melalui beberapa jalur penerimaan,untuk Program Vokasi (D3 & D4), Program Sarjana (SNBP, SNBT, Mandiri, Alih Jenis, Mahasiswa Asing, Kelas Internasional), Program Profesi (Akuntansi PPAk).

3 jalur masuk Unair 2023 kampus dan program studi dapat diperloleh di AEE 2023.

1.Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) berganti nama menjadi Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP). 
2. Seleksi Nasional Berdasar Tes (SNBT) 
3. Jalur Mandiri.

Biaya Kuliah di UNAIR

Biaya Kuliah Universitas Airlangga Jalur SNMPTN/ SBMPTN UKT Unair IA sebesar Rp0,00 – Rp500.000,00. UKT IB sebesar Rp1.000.000,00, sedangkan IC sebesar Rp2.400.000,00. Tabel berikut merinci UKT Unair untuk golongan II, III, dan IV dalam satuan rupiah. Biaya pendaftaran Program Sarjana Jalur Mandiri Universitas Airlangga adalah sebesar : Rp. 300.000,- untuk Kelompok SAINTEK/SOSHUM (2 pilihan prodi) Rp. 500.000,- untuk Kelompok Campuran (SOSHUM dan SAINTEK) (2 pilihan prodi)

Inilah 5 Jurusan UNAIR yang Sepi Peminat

Tertarik untuk kuliah di UNAIR? Jika benar, penting untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai jurusan yang tersedia. Tak terkecuali juga jurusan UNAIR yang sepi peminat wajib Anda ketahui. Lebih jelasnya berikut ini 5 jurusan tersebut.

1. Kedokteran Hewan

Sesuai dengan namanya, Kedokteran hewan merupakan jurusan yang terfokus pada berbagai hal berhubungan dengan kesehatan hewan. Entah itu yang berhubungan dengan cara pemeriksaan fisik, melakukan penanganan, membuat diagnosis hingga pengobatan yang tepat.

Alasan kenapa jurusan ini minim peminat karena biayanya terbilang besar. Begitu juga mempunyai mata kuliah yang terbilang rumit. Meskipun demikian, jurusan yang sepi peminat seperti ini memberikan peluang kerja yang lebih besar.

2. Ekonomi Islam

Ekonomi Islam atau biasa dikenal dengan ekonomi syariah masuk dalam kategori jurusan Unair yang sepi peminat. Alasan kenapa jurusan ini peminatnya minim, karena kebanyakan orang lebih tertarik untuk mengambil jurusan ekonomi umum.

Perbedaannya ekonomi Islam lebih terfokus untuk mempelajari ilmu, teori dan sumber daya ekonomi dalam perspektif Islam. Di UNAIR jurusan ekonomi Islam peminatnya tidak mencapai 509 mahasiswa untuk tahun 2022.

3. Ilmu Politik

Jurusan UNAIR yang sepi peminat selanjutnya yaitu ilmu politik. Alasan kenapa jurusan ini minim peminat karena mempelajari hal-hal yang terkesan berat, karena berhubungan dengan politik di berbagai negara. Tak heran jika orang-orang tertentu yang tertarik dengan jurusan ini.

Lebih tepatnya jurusan ini akan mempelajari gejala-gejala sosial politik, solusi dari berbagai permasalahan sosial politik dan masih banyak lagi. Di UNAIR, peminat untuk jurusan ini terbilang minim dari tahun ke tahun tidak mengalami peningkatan yang signifikan.

4. Teknik Elektro

Teknik Elektro juga menjadi salah satu jurusan UNAIR yang sepi peminat di Tahun 2022. Alasan kenapa jurusan ini minim peminatnya karena membutuhkan keahlian khusus dalam bidang mengaplikasikan komponen dengan memanfaatkan listrik.

Sederhananya jurusan ini mengharuskan setiap mahasiswa untuk mempelajari, desain dan mengaplikasikannya dengan memanfaatkan elektronika, listrik dan electromagnetism. Sedangkan untuk peluang kerjanya di era modern seperti saat ini cukup menjanjikan.

5. Ilmu Sejarah

Jurusan UNAIR yang sepi peminat selanjutnya yaitu ilmu sejarah. Jadi, jurusan ini akan mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan peristiwa di masa lalu. Entah itu peristiwa dalam berbagai konteks seperti geografi, ekonomi, agama, politik, budaya, kesehatan dan lainnya.

Jadi, Jangan harap kuliah mengambil jurusan ini hanya mempelajari peristiwa keprakan kemerdekaan hingga pasca kemerdekaan saja. Sedangkan untuk prospek kerjanya bisa menjadi guru, sejarahwan, peneliti dan berbagai lembaga yang sangat relevan dengan jurusan tersebut.

6. Matematika

Bukan menjadi hal yang asing lagi jika matematika merupakan ilmu yang memang terbilang rumit. Tak heran jika matematika masuk dalam kategori jurusan Unair yang sepi peminat. Meskipun demikian, ternyata jurusan ini mempunyai prospek kerja menjanjikan.

Nantinya lulusan dari Jurusan matematika bisa menjadi seorang guru, data analyst, auditor dan masih banyak lagi. Apalagi saat ini banyak lembaga yang membutuhkan orang dengan lulusan dari Jurusan matematika, sehingga peluang kerja lebih besar.

Kurang lebih itulah penjelasan mengenai 5 jurusan UNAIR yang sepi peminat tapi prospek kerja menjanjikan. Mungkin saja dari beberapa rekomendasi jurusan tersebut, ada salah satu yang paling cocok dengan minat. 

Search keyword: jurusan d3 unair yang sepi peminat,jurusan unair yang banyak peminat,jurusan soshum di unair,jurusan unair yang banyak peminat,jurusan unair yang sepi peminat soshum,jurusan sepi peminat di its,jurusan ub yang sepi peminat saintek,jurusan sepi peminat di unesa,jurusan sepi peminat di ugm,jurusan undip yang sepi peminat sbmptn,jurusan ub yang sepi peminat sbmptn,akreditasi jurusan unair,akreditasi universitas airlangga,jurusan di unair dan akreditasinya,universitas airlangga akreditasi,akreditasi teknik industri unair,teknik industri unair akreditasi,teknologi sains data unair akreditasi,prodi unair dan akreditasi,sistem informasi unair akreditasi,unair jurusan dan akreditasi