Universitas Pertamina negeri atau swasta? Berikut penjelasannya

zeronews.my.id  Universitas Pertamina negeri atau swasta?  Tentu pertanyaan ini sering kali muncul bagi mereka calon mahasiswa baru. Tentu pertanyaan yang wajar, karena memang nama dari kampus tersebut bisa dibilang tidak begitu familiar.

biaya universitas pertamina,biaya kuliah universitas pertamina,jurusan univ pertamina,alamat universitas pertamina,universitas pertamina dimana,universitas pertamina swasta atau negeri,universitas pertamina jakarta,biaya kuliah di universitas pertamina,biaya universitas pertamina,jurusan favorit di universitas pertamina,universitas pertamina dimana,universitas pertamina akreditasi,universitas pertamina jurusan,akreditasi universitas pertamina 2023,beasiswa universitas pertamina,universitas pertamina medan

Perlu anda ketahui, jika Universitas Pertamina ini merupakan salah satu kampus besar di indonesia yang berada di bawah naungan PT. Pertamina (Persero), salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) paling besar di Indonesia.

Biaya Kuliah Universitas Pertamina

Biaya pendaftaran dikenakan Rp150.000 untuk kelompok ujian IPA/ IPS/IPC. Peserta dapat memilih 4 (empat) program studi di Universitas Pertamina dengan menyesuaikan kelompok seleksi yang dipilih. Bagi kamu yang ingin kuliah di Pertamina, berikut biaya kuliah di Universitas Pertamina untuk jalur reguler dan nilai UTBK: Jalur reguler di bulan Januari: Rp 15.000.000. Jalur reguler di bulan Maret: Rp 17.500.000. Jalur reguler di bulan Mei: Rp 20.000.000. SPI yang dikenakan untuk semua jurusan di Universitas Pertamina masing-masing sebesar Rp25 juta. Sementara itu, SPP berbeda pada jurusan-jurusan tertentu. Ekonomi, Manajemen, Komunikasi, dan Hubungan Internasional mengenakan SPP sebesar Rp10 juta per semester. 

Masuk Universitas Pertamina

PMB Universitas Pertamina Siswa SMK dapat memilih program studi sesuai dengan jurusan atau program keahlian yang diterima oleh program studi tertentu.  Proses seleksi seluruhnya menggunakan nilai rapor yang diunggah saat melakukan pendaftaran. Sementara, dari laman Universitas Pertamina, bagi calon mahasiswa baru bisa memilih satu diantara tiga kelompok ujian yaitu IPA, IPS, atau IPC (Campuran).

Beasiswa di Universitas Pertamina

Berapa nominal beasiswa yang diberikan? Bagi peserta terpilih nantinya akan mendapatkan beasiswa UKT sebesar Rp 5.000.000 per semester. Serta diberikan pula biaya hidup masing-masing sebesar Rp 500.000 per bulan. Penerimaan Beasiswa Pertamina meliputi tiga tahap seleksi yaitu seleksi administrasi, seleksi substansi dan seleksi wawancara. Pendaftaran dibuka sekitar bulan Oktober hingga November.

Akreditasi Universitas Pertamina

Perguruan tinggi swasta (PTS) besutan Pertamina itu, baru-baru ini ditempatkan UniRank dalam peringkat 89 perguruan tinggi terbaik nasional. Di Jakarta, Universitas Pertamina menduduki peringkat 12 PTS terbaik versi UniRank. Sebagai informasi umum, Universitas Pertamina berdiri pada tanggal 01 February 2016 dengan nomor SK 60/KPT/I/2016 . Saat ini, Universitas Pertamina telah meraih akreditasi A dari BAN-PT.

Lulusan Universitas Pertamina

Universitas Pertamina bukan sekolah kedinasan yang akan langsung mengangkat lulusannya menjadi pegawai PT Pertamina Persero. Pegawai magang : Rp 1,76 juta - Rp 3,07 juta per bulan. - Pegawai magang bidang HSE (Health, Safety and Environement) : Rp 5,35-Rp 5,77 juta per bulan. - Reservoir Engineer : Rp 21,84 juta - Rp 32,74 juta. - Chief Supply Chain : Rp 63,59 juta - Rp 68,97 juta per bulan.

Pihak Pertamina sendiri mendirikan kampus tersebut sebagai wujud kepedulan mereka pada masyarakat dengan penyelenggaraan pendidik tinggi. Di mana Universitas Pertamina ini sempat masuk dalam Peringkat Terbaik Dunia, karena itu bagi siapa yang ingin masuk kesana harus memenuhi kriteria tertentu.

Lantas untuk menjawab pertanyaan anda mengenai Universitas Pertamina negeri atau swasta? Maka jawabannya adalah swasta, namun dikelola oleh salah satu perusahaan BUMN terbesar di Indonesia. Di mana mereka mampu menghasilkan para lulusan atau SDM yang memiliki daya saing tinggi, serta bisa menjadi global champion untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan bermanfaat bagi bangsa dan dunia.

Disamping itu, Universitas Pertamina ini juga memiliki tekad untuk terus berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satu caranya ialah dengan memberi kesempatan pada generasi muda Tanah Air menempuh pendidikan di universitas unggulan dengan biaya terjangkau.

Tentu untuk mewujudkan keinginan tersebut, mereka pun cukup sering memberikan berbagai beasiswa menarik bagi calon mahasiswa baru. Setelah mengetahui tentang status Universitas Pertamina negeri atau swasta, yuk selanjutnya kita cari tahu mengenai Fakultas dan Jurusan yang ada di kampus tersebut.

Fakultas dan Jurusan di Universitas Pertamina

Calon mahasiswa dapat memilih program studi untuk jenjang Sarjana (S1) di Universitas Pertamina yang di kelompokan sesuai fakutas, Universitas Pertamina terdapat 6 fakultas dan 16 jurusan, berikut daftar program studi dan jurusannya. 

Perlu anda ketahui, jika di Universitas Pertamina ini terdapat beberapa Fakultas dan Jurusan yang bisa anda pilih. Tercatat ada 6 Fakultas dengan 16 jurusan yang bisa anda pilih, diantaranya :

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Ekonomi
Manajemen

Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi

Teknik Geofisika
Teknik Geologi
Teknik Perminyakan

Fakultas Komunikasi dan Diplomasi

Komunikasi
Hubungan Internasional

Fakultas Sains dan Komputer

Ilmu Komputer
Kimia

Fakultas Perencanaan Infrastruktur

Teknik Sipil
Teknik Lingkungan

Fakultas Teknologi Industri

Ilmu Teknik
Teknik Elektro
Teknik Kimia
Teknik Mesin

Sejarah Universitas Pertamina

Universitas Pertamina ini pertama kali berdiri berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 60/KPT/I/2016.Di mana surat tersebut telah resmi diterbitkan pada tanggal 1 Februari 2016 tentang izin pendirikan Universitas Pertamina.

Sementara itu untuk peresmian dari Universitas Pertamina ini dilakukan pada tanggal 16 Februari 2016 islam. Untuk seluruh pengelolaan dari Universitas ini pun dilakukan oleh Yayasan Pertamina Foundation. 

Yayasan tersebut sudah berdiri sejak lama, dan selama tahun 2012 – 2014 mereka telah mendanai lebih dari Rp 300 miliar untuk mendukung beraga kegiatan yang ada kaitanya dengan pendidikan maupun lingkungan hidup.

Sementara itu sejak tahun 2015, Pertamina fokus untuk meningkatkan program pendidikan, mulai dari memperluas cakupan wilayah kerja dan pendanaan program. Mereka pun juga membangun sistem manajemen program berbasis teknologi informasi, dan mulai merintis pendirian Universitas Pertamina tersebut.

Sejumlah tenaga pendidik yang ada di Universitas Pertamina ini didukung oleh dosen lulusan Master dan Doktor terbaik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri. 

Asrama di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina menyediakan asrama (bersifat opsional) bagi mahasiswa penerima Beasiswa sesuai dengan tipe beasiswa yang diterimanya.

Mungkin cukup sekian dulu ulasan dari kami kali ini tentang pertanyaan Universitas Pertamina negeri atau swasta? Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Search Keyword: universitas pertamina jakarta,biaya kuliah di universitas pertamina,biaya universitas pertamina,jurusan favorit di universitas pertamina,universitas pertamina dimana,universitas pertamina akreditasi,universitas pertamina jurusan,akreditasi universitas pertamina 2023,beasiswa universitas pertamina,universitas pertamina medan