Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Kesehatan Masyarakat Tahun 2023 wajib tahu!

jurusan ilmu kesehatan masyarakat,prospek kerja jurusan kesehatan masyarakat,apakah jurusan kesehatan masyarakat itu bagus,kesehatan masyarakat belajar apa,gaji pns s1 kesehatan masyarakat,peluang kerja jurusan kesehatan masyarakat,nilai untuk masuk jurusan kesehatan masyarakat,gelar jurusan kesehatan masyarakat,syarat masuk fakultas kesehatan masyarakat,mata kuliah jurusan kesehatan masyarakat,lulusan kesmas nganggur,biaya kuliah jurusan kesehatan masyarakat

Zeronews.my.id  Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Kesehatan Masyarakat - Jurusan kesehatan masyarakat saat ini mempunyai prospek kerja cukup tinggi. Jika tertarik mengambil jurusan ini, penting mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan jurusan kesehatan masyarakat. Setidaknya dengan mengetahuinya bisa menjadi bahan pertimbangan.

Ilmu kesehatan masyarakat

Apa jurusan ilmu kesehatan masyarakat itu susah? Belajar di jurusan kesehatan masyarakat tidak mudah namun juga tidak sulit. Pada awal perkuliahan perkuliahan, biasanya mahasiswa mempelajari materi mengenai Ilmu Kependudukan, Kebijakan Kesehatan, Kesehatan Kerja, Biokimia, Patologi, Ilmu Gizi, Epidemiologi Penyakit, Sosiologi Kesehatan, dan materi lainnya. Untuk jurusan kesehatan masyarakat mempelajari anatomi fisiologi tubuh manusia serta penyakit-penyakitnya tetapi tidak sedalam kedokteran hanya saja jurusan ini juga mempelajari 

Peluang kerja jurusan kesehatan masyarakat

Prospek kerja kesehatan masyarakat yang pertama adalah sebagai administrator layanan kesehatan atau healthcare administrator. Pekerjaan yang satu ini cukup lazim ditekuni oleh para lulusan jurusan kesehatan masyarakat. Pekerja lulusan kesehatan masyarakat dibutuhkan di banyak tempat, mulai dari layanan kesehatan seperti rumah sakit, klinik, dan laboraturium; dinas kesehatan; perusahaan swasta; hingga institusi pemerintah. Lulusan Kesehatan Masyarakat juga dapat berkarir sebagai ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di berbagai perusahaan, serta sebagai penyuluh kesehatan, peneliti dan pengajar di bidang kesehatan masyarakat.

Gelar jurusan kesehatan masyarakat

Kesehatan Masyarakat (Gelar : S.KM) Meningkatkan peran serta aktif dalam membantu pemerintah, masyarakat dan pemangku kebijakan terutama dalam bidang kesehatan masyarakat pada lahan basah serta menyebarluaskan informasi kesehatan berdasarkan hasil kajian ilmiah untuk meningkatkan derajat hidup masyarakat. Jurusan Kesehatan Masyarakat adalah salah satu jurusan yang banyak diminati di Indonesia. Jika kamu tertarik dengan dunia kesehatan, maka pilihan jurusan yang satu ini. Untuk berkuliah di jurusan Kesehatan Masyarakat, kamu harus tahu dulu mata kuliah apa saja yang bisa kamu ambil di jurusan ini.

Syarat masuk fakultas kesehatan masyarakat

Fakultas kesehatan sehingga calon mahasiswa jurusan Kesehatan Masyarakat diharapkan bisa mempelajari dengan lebih baik karena sudah mempunyai dasarnya, yaitu pelajaran Biologi. Syarat Pendaftaran Program Sarjana Kesehatan Masyarakat:

  • Fotokopi ijazah SMA/SMK (legalisir asli) sebanyak 1 rangkap.
  • Fotokopi SKHUN SMA/SMK (legalisir asli) sebanyak 1 rangkap.
  • Fotokopi raport semester 3,4,5 (legalisir asli)
  • Fotokopi KTP/Kartu identitas lainnya.

Biaya kuliah jurusan kesehatan masyarakat

Biaya kuliah kesehatan masyarakat berkisar antara Rp 4 juta sampai Rp 7 juta per semester. Biaya kuliah ini merupakan biaya UKT atau uang kuliah tunggal yang artinya dibayarkan setiap satu semester. Biaya ini biasanya sudah disesuaikan dengan besarnya pendapatan orang tua. 

Inilah 5 Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Kesehatan Masyarakat

Apa kelebihan jurusan kesehatan masyarakat? Meskipun Jurusan Kesehatan Masyarakat mempunyai prospek kerja cukup tinggi, tapi siapapun yang ingin masuk ke dalamnya akan mempertimbangkan beberapa. Termasuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan jurusan kesehatan masyarakat seperti berikut ini.

1. Profesi Jelas dan Populer

Kelebihan utama dari jurusan kesehatan masyarakat yaitu termasuk salah satu profesi yang cukup populer dan jelas saat ini. Dengan kata lain, mengambil Jurusan Kesehatan Masyarakat mempunyai gelar besar. Begitu juga untuk tanggung jawab yang dimiliki semakin besar.

Nantinya lulusan dari jurusan kesehatan masyarakat bisa mempunyai profesi dalam beberapa bidang seperti apoteker, bidan, mantri dan lain sebagainya. Jadi, meskipun tanggung jawabnya terbilang besar, tapi setiap tahunnya profesi ini semakin banyak dibutuhkan.

2. Mempunyai Prospek Kerja Tinggi

Kelebihan dan kekurangan jurusan kesehatan masyarakat yang selanjutnya yaitu dari segi prospek kerja. Lebih tepatnya jurusan ini mempunyai prospek kerja cukup tinggi, pasalnya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan semakin mengalami peningkatan.

Maksudnya, saat ini tenaga kerja dalam bidang kesehatan semakin dibutuhkan. Meskipun demikian, tapi jika tertarik untuk masuk ke dalam jurusan ini harus belajar dengan tekun. Begitu juga harus mengimbanginya dengan praktek sebaik mungkin.

3. Jaringan yang Luas

Jika membahas mengenai kelebihan dan kekurangan jurusan kesehatan masyarakat, sebenarnya lebih banyak dari plusnya. Ya, jurusan kesehatan masyarakat mempunyai banyak kelebihan, salah satunya memiliki jaringan lebih luas. Pasalnya dituntut untuk mempunyai jiwa sosial yang tinggi.

Mengambil jurusan ini sama halnya harus siap berhubungan dengan banyak orang saat bekerja maupun dalam proses pelaksanaan pendidikan. Tanpa disadari, nantinya bisa menambah jaringan lebih luas dan membantu meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi.

4. Waktu Lulus Relatif Lama

Kelebihan dan kekurangan jurusan kesehatan masyarakat yang selanjutnya yaitu dari segi lamanya waktu pendidikan. Berbeda dengan program studi lainnya, Jurusan Kesehatan Masyarakat membutuhkan waktu yang relatif lama untuk lulus.

Hal ini terjadi karena setiap mahasiswa dituntut untuk menjalani praktek di lapangan dalam kurun waktu tertentu. Entah nantinya melakukan praktek di fasilitas kesehatan atau yang lainnya. Meskipun demikian, tapi jurusan ini cukup banyak diminati karena dijamin prospek kerjanya.

5. Kuliah Sambil Praktik

Perbandingan antara kelebihan dan kekurangan jurusan kesehatan masyarakat memang lebih banyak unggulnya. Namun, Ada juga kekurangannya yaitu tidak hanya terfokus pada kuliah atau pembelajaran di kampus saja. Namun, setiap mahasiswa harus mengikuti praktik untuk waktu tertentu.

Sedangkan untuk sistem kuliah dan praktek berlangsung secara shift. Misalnya saja saat pagi sampai siang hari mengikuti mata kuliah, sedangkan sore hingga malam hari masuk shift kerja di fasilitas kesehatan yang lainnya. Tentunya sistem yang seperti ini akan membutuhkan banyak tenaga.

6. Tidak Cocok untuk Semua Orang

Adapun maksud dari poin ini yaitu tidak semua orang dapat menikmati seluruh waktu kuliah selama di jurusan kesehatan masyarakat. Terlebih lagi bagi orang yang tidak suka dengan lingkungan atau lapangan, jurusan ini tidak cocok.

Pasalnya jurusan ini membutuhkan orang yang suka berinteraksi dengan banyak orang. Mengingat tanggung jawab lulusan dari jurusan kesehatan masyarakat yaitu mengabdi. Maka dari itu, tidak sembarang orang bisa lulus dari jurusan ini.

Lulusan kesmas nganggur

Kesehatan Masyarakat merupakan bidang ilmu yang mempelajari pencegahan dan pengobatan penyakit pada individu. Berapa gaji seorang lulusan kesehatan masyarakat? Kisaran gaji sebagian besar pekerja pada profesi Pekerja Kesehatan Masyarakat - dari IDR2,640,161 untuk IDR9,314,429 per bulan - 2023. Pekerja Kesehatan Masyarakat biasanya menghasilkan antara IDR2,640,161 dan IDR4,698,388 bersih per bulan pada awal pekerjaan.

Tugas pokok kesehatan masyarakat

  • Sasaran Kesehatan masyarakat adalah individu, keluarga, kelompok khusus baik yang sehat maupun yang sakit yang mempunyai masalah kesehatan.
  • Menyusun rencana dan pedoman kerja program promosi kesehatan dan pemberdayaan kesehatan masyarakat.
  • Melaksanakan pembinaan, bimbingan dan pengendalian upaya kesehatan program promosi kesebatan dan pemberdayaan kesehatan masyarakat.

Demikian penjelasan mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan jurusan kesehatan masyarakat yang wajib untuk anda ketahui. Setidaknya dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan tersebut, bisa anda jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum memilihnya.

Search keyword: gaji pns s1 kesehatan masyarakat,peluang kerja jurusan kesehatan masyarakat,nilai untuk masuk jurusan kesehatan masyarakat,gelar jurusan kesehatan masyarakat,syarat masuk fakultas kesehatan masyarakat,mata kuliah jurusan kesehatan masyarakat,lulusan kesmas nganggur,biaya kuliah jurusan kesehatan masyarakat