5 Jurusan POLBAN yang Banyak Diminati dengan Prospek Kerja Jelas

jurusan polban yang kurang diminati,nilai rata-rata masuk polban,prospek kerja jurusan di polban,jurusan polban s1,jurusan polban d3,lulusan polban gampang kerja,jurusan polban soshum,jurusan polban d4,perusahaan yang bekerja sama dengan polban,jurusan polban yang kurang diminati,nilai rata-rata masuk polban,jurusan polban d4,lulusan polban gampang kerja,jurusan di polban dan akreditasinya,polban jurusan ips,jurusan polban d3

zeronews.my.id  Jurusan POLBAN yang Banyak Diminati - Kuliah tidak harus di universitas negeri, tapi bisa juga di Politeknik Negeri Bandung yang menyediakan banyak jurusan. Bahkan, ada jurusan POLBAN yang banyak diminati calon mahasiswa baru. Alasan utamanya karena Jurusan tersebut mempunyai prospek kerja jelas.

Akreditasi POLBAN

Politeknik Negeri Bandung, atau yang lebih dikenal dengan singkatan Polban, adalah sebuah perguruan tinggi vokasi negeri yang telah terpisah dari Institut Teknologi Bandung (ITB) sejak 1999. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) menganugerahkan penghargaan kepada Polban sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri terbaik dengan akreditasi “A”. POLBAN PERINGKAT 2 : Klasterisasi Perguruan Tinggi Vokasi 2019 – Politeknik Negeri Bandung. Pada tahun 1997, berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No. 085/0/1997 Politeknik ITB menjadi institusi yang mandiri, berpisah dari ITB secara passing out menjadi Politeknik Negeri Bandung (Polban). 

Jalur Masuk POLBAN 

Politeknik Negeri Bandung membuka seleksi masuk Tahun Akademik 2022/2023 untuk Program Diploma IV melalui jalur SNMPTN. Untuk Informasi jalur SNMPTN silakan mengunjungi laman ltmpt.ac.id. Pada saat ini Polban Bandung menerima calon mahasiswa baru melalui beberapa jalur seleksi, baik jalur seleksi nasional maupun jalur seleksi mandiri. Beasiswa KIP - K. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik. Beasiswa Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik.

Pendaftaran Jalur SNBT POLBAN Bandung

  • Foto terbaru (berwarna)
  • Stempel/cap sekolah.
  • Tanda tangan Kepala Sekolah.
  • Printout bukti pendaftaran dari SNMPN ii. Pas Foto 4x6 sebanyak 2 buah diberi identitas (nama dan asal sekolah) masukkan kedalam plastik iii. 
  • Surat Keterangan Sehat, Surat Keterangan Tidak Buta warna (Jika Memilih Prodi Teknik/Rekayasa)
  • Fotokopi akte kelahiran vi.

Biaya Kuliah Jurusan POLBAN

Jika biaya kuliah dibandingkan TA 2021/2022 lalu, UKT D3 dan D4 di POLBAN TA 2022/2023 cenderung naik. Misalnya, UKT program studi kelompok IV yang semula Rp3,5 juta untuk program Non Rekayasa dan Rp5,5 juta program Rekayasa, kini naik menjadi Rp4,5 juta untuk program Non Rekayasa dan Rp6 juta program Rekayasa. Jadwal perkuliahan politeknik diadakan setiap hari senin sampai jumat. Kecuali, bagi para mahasiswa yang mengikuti organisasi. Biasanya mereka akan tetap masuk di hari sabtu dan minggu.

Berikut Jurusan POLBAN yang Banyak Diminati

Ada lima jurusan Polban yang banyak diminati saat ini seperti akuntansi, administrasi negara, bahasa Inggris, teknik sipil dan teknik mesin. Setiap jurusan mempunyai keunggulan tersendiri yang bisa anda pertimbangkan sebelum memilih. Lebih jelasnya mengenai semua jurusan tersebut, berikut penjelasannya.

1. Akuntansi

Salah satu jurusan POLBAN yang banyak diminati calon mahasiswa baru yaitu akuntansi. Pada umumnya jurusan ini mengharuskan setiap mahasiswa untuk bisa mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan pencatatan dan penyusunan laporan keuangan sebaik mungkin.

Nantinya ilmu dan pengetahuan tersebut akan sangat berguna di dunia kerja. Terlebih lagi saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dalam bidang akuntansi, karena menyusun laporan keuangan berperan penting untuk perkembangan sebuah bisnis.

2. Administrasi Negara

Administrasi negara juga termasuk salah satu jurusan POLBAN yang banyak diminati saat ini. Apalagi bagi Anda mempunyai pola pikir kritis dan maju terhadap permasalahan yang ada, jurusan ini menjadi pilihan tepat. Didukung juga kebutuhan dalam bidang ini semakin banyak.

Di jurusan ini mahasiswa akan mempelajari berbagai ilmu yang berhubungan dengan tata kelola administrasi. Nantinya, lulusan dari jurusan Administrasi Negara akan berperan penting dalam pengendalian instansi milik negara. Dengan kata lain, tanggung jawabnya cukup besar.

3. Bahasa Inggris

Jurusan POLBAN yang banyak diminati selanjutnya yaitu bahasa Inggris. Pasalnya saat ini bahasa Inggris semakin banyak dibutuhkan untuk berbagai pekerjaan. Nantinya lulusan jurusan bahasa Inggris bisa menjadi guru, penerjemah, ahli bahasa yang dibutuhkan perusahaan atau instansi tertentu.

Selain itu, menempuh pendidikan di jurusan bahasa Inggris akan mendapatkan banyak keterampilan dasar. Tentunya keterampilan tersebut nantinya akan sangat berguna untuk menjadi bekal di masa depan. Tak heran jika saat ini dan setiap tahunnya jurusan bahasa Inggris tidak pernah sepi peminat.

4. Teknik Sipil

Teknik Sipil menjadi salah satu jurusan POLBAN yang banyak diminati. Alasan utama kenapa jurusan ini banyak diminati karena di pedesaan hingga perkotaan Teknik Sipil saat dibutuhkan. Lebih tepatnya seiring berjalannya waktu pembangunan akan mengalami peningkatan.

Sedangkan Apa saja yang dipelajari dalam jurusan ini berhubungan dengan perencanaan, perancangan hingga manajemen berbagai sistem dan fasilitas pendukung pembangunan. Selain itu, jurusan ini juga mengharuskan mahasiswa untuk melakukan penelitian yang terbilang beragam.

5. Teknik Mesin

Jurusan POLBAN yang banyak diminati selanjutnya yaitu teknik mesin. Pada dasarnya jurusan ini akan mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan mesin. Baik itu mesin motor, mobil maupun perbengkelan lainnya. Lebih dari itu, ternyata jurusan ini juga mempelajari hal-hal.

Beberapa hal yang dipelajari dalam jurusan ini seperti konstruksi, konversi energi, perancangan teknik material dan produksi. Semua ilmu tersebut akan sangat berguna di industri otomotif. Apalagi saat ini kebutuhan tenaga kerja di bidang industri otomotif mengalami peningkatan.

Prospek kerja jurusan di Polban

Kelebihan politeknik pertama yaitu menawarkan disiplin ilmu lebih spesifik. Ini memungkinkan para calon mahasiswa memilih jurusan sesuai passion atau minat yang dimiliki dan langsung mempelajarinya secara lebih mendalam. Politeknik sebenarnya menyerupai SMK namun pada tingkat pendidikan lebih tinggi. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di berbagai sektor seperti industri retail, perhotelan bahkan kapal pesiar, rumah sakit, perbankan, dan perkantoran. Selain itu juga prospek kerja terbuka di perusahaan konsultan, industri pengolahan pangan, manufaktur farmasi, kimia, petrokimia, pertambangan, dan tekstil. Kini juga sudah banyak politeknik yang menjalin kerjasama dengan berbagai industri media massa salah satunya adalah Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Jadi, kamu bisa langsung bekerja usai menyelesaikan pendidikan.

Gelar Politeknik

Politeknik hanya menyediakan pendidikan vokasi saja dan gelar yang bisa diraih oleh lulusannya adalah ahli madya (A.Md) atau sarjana terapan (S.Tr) yang sering disebut dengan jenjang D1, D2, D3, dan D4. Politeknik adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan keterampilan dan ilmu terapan. Berbeda dengan universitas, politeknik hanya menyediakan jenjang studi vokasi yang terdiri dari D3 dan D4. Tujuannya adalah mencetak lulusan yang siap bersaing di dunia kerja.

Demikian penjelasan mengenai 5 jurusan POLBAN yang banyak diminati saat ini. Dari beberapa jurusan yang tersedia, jadi mana yang paling Anda minati? Apapun itu, pastikan jika anda mempertimbangkan prospek kerjanya, tujuannya agar bisa menjamin di masa depan. Sedangkan untuk informasi lebih jelas mengenai jurusan tersebut, bisa cek melalui website resmi POLBAN. 

Search keyword: jurusan polban d4,perusahaan yang bekerja sama dengan polban,jurusan polban yang kurang diminati,nilai rata-rata masuk polban,jurusan polban d4,lulusan polban gampang kerja,jurusan di polban dan akreditasinya,polban jurusan ips,jurusan polban d3