Jurusan di Unindra dan Akreditasinya

zeronews.my.id  Jurusan di Unindra dan Akreditasinya - universitas Indraprasta PGRI atau yang terkenal dengan panggilan Unindra merupakan sebuah perguruan tinggi di Jakarta. Unindra menjadi perguruan tinggi swasta yang dibangun sejak tahun 1982. Perguruan tinggi ini berada di bawah naungan organisasi PGRI atau Persatuan Guru Republik Indonesia. Apa saja jurusan di unindra dan akreditasinya?

Unindra telah disahkan pada tahun 2004 lewat keputusan menteri pendidikan yang menjabat kala itu. Universitas ini berada di Jalan Nangka No.58c Tanjung Barat, Jagakarsa Jakarta Selatan. Unindra cukup banyak dipilih oleh masyarakat Jakarta dan sekitarnya sebagai tempat mengenyam pendidikan.

Unindra ialah hasil pengembangan dari STKIP PGRI Jakarta di tahun 1982. STKIP PGRI sendiri dulunya merupakan penggabungan dari IKIP PGRI Jakarta dan IKIP PGRI Jaya yang berada di bawah bimbingan IPLP PGRI Pusat. Selanjutnya di bulan September 2004, IKIP PGRI resmi beralih menjadi Unindra. Peralihan ini mendapat pengesahan dari Menteri Pendidikan Nasional RI dan tertuang dalam keputusan no: 142/D/O/2004 tanggal 6 September 2004.

Untuk program pendidikan, Universitas  Indraprasta PGRI terkenal sebagai kampus pendidikan. Meskipun terkenal sebagai kampus pendidikan, Unindra memiliki beberapa program studi selain pendidikan di kampusnya. Hingga saat ini, Unindra memiliki 4 Fakultas dan 16 Program Studi. Jurusan di Unindra dan akreditasinya sangat bermacam-macam.

Secara umum Unindra telah mendapatkan  akreditasi dari Badan Akreditasi Nasonal Perguruan Tinggi atau biasa disingkat BAN-PT. BAN-PT sendiri umumnya menjadi tolok ukur penilaian sebuah jurusan. BAN-PT menjadi satu-satunya badan akrediatsi yang telah memperoleh wewenang dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia atau KEMENRISTEKDIKTI. Keberadaan BAN-PT bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi, relevansi, atmosfer akademik, pengelolaan institusi, efesiensi dan keberlangsungan sebuah perguruan tinggi di Indonesia.

Beberapa program studi atau prodi di Universitas  Indraprasta PGRI (UNINDRA) sudah mempunyai legalisasi BAN-PT. Sehingga dalam penilaian pada kelayakan dan pemeringkatan program studi yang sejenis di kampus lain. Penilaian BAN-PT dapat menjadi pertimbangan bagi calon mahasiswa untuk memilih jurusan kuliahnya.

Universitas Indraprasta PGRI atau sering disebut Unindra adalah salah satu universitas swasta di Jakarta, kampusnya berada di Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan dan didirikan oleh Yayasan Pembinaan Lembaga Pendidikan PGRI.

Kelas Karyawan unindra

Jadwal kuliah kelas karyawan dapat dipilih : Kuliah Malam : Senin – Jumat Jam 18.30 – 21.00 WIB + Blended Learning. Kuliah Sabtu Pagi : Sabtu Jam 07.00 – 14.30 WIB + Blended Learning. Kuliah Malam : Senin – Jumat Jam 18.30 – 21.00 WIB + Blended Learning. Kuliah Sabtu Pagi : Sabtu Jam 07.00 – 14.30 WIB + Blended Learning. Kuliah Sabtu Siang : Sabtu Jam 14.30 – 21.30 WIB + Blended Learning. Rektor Universitas Indraprasta PGRI atau sering disebut UNINDRA Prof.DR.H.Sumaryoto mengatakan bahwa UNINDRA menerima mahasiswa baru dan pindahan.

Sesuai Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI No.0234/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa, bahwa beban studi program sarjana sekurang kurangnya 144 sks dan sebanyak banyaknya 160 sks yang dijadwalkan untuk 8 (delapan) semester

Biaya Kuliah unindra

Adapun berikut rincian biaya pendaftaran online UNINDRA tahun 2021/2022 : Biaya pendaftaran: Rp150.000. Biaya kemahasiswaan: Rp300.000. Administrasi Mahasiswa Baru (khusus mahasiswa ekstensi dan pindahan): Rp75.000. Uang Kuliah per Semester (SPP): Reguler: Rp1.080.000 dapat dicicil Rp180.000 per bulan. Sore: Rp1.290.000 dapat dicicil Rp215.000 per bulan. Ekstensi: Rp2.040.000 dapat dicicil Rp340.000 per bulan.  

Unindra membutuhkan uang 300 juta untuk melakukan wisuda daring. Biaya tersebut sudah mencakup studio dan juga peralatan yang dibutuhkan untuk wisuda daring. Pembayaran biaya wisuda merupakan Syarat Utama untuk pengambilan Ijazah dan Transkrip Nilai Akademik beserta legalisirnya.

Beasiswa Unindra

Mahasiswa Unindra juga bisa mendaftarkan diri pada program Beasiswa Smart Scholarship yang diluncurkan oleh YBM BRILian Scholarship. Di Unindra sendiri ada banyak tawaran mengenai beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa, baik dari lembaga pemerintah maupun swasta. Ada dua jenis beasiswa di Unindra, yaitu internal dan eksternal. Beasiswa eksternal di Unindra ada yang berasal dari Pemprov DKI Jakarta yaitu Yayasan Beasiswa Jakarta (YBJ).

Bagi mahasiswa baru Unindra yang telah mendapatkan beasiswa KIP ketika duduk di bangku SMA/SMK/sederajat maka beasiswa KIP tersebut bisa dilanjutkan kembali di Unindra. Bagi mahasiswa semester akhir masih dapat mengikuti pengajuan beasiswa di Unindra.

Beberapa calon mahasiswa umumnya mengecek akreditasi jurusan atau program studi sebelum melakukan pendaftaran di sebuah perguruan tinggi. Hal ini juga yang mempengaruhi banyak sedikitnya pendaftar di sebuah jurusan. Namun tidak semua calon mahasiswa melakukan pengecekan akreditasi sebelum mendaftar. Padahal pengecekan jurusan di Unindra dan akreditasinya dapat dilakukan dengan mudah, termasuk lewat artikel ini.

Jurusan di unindra dan akreditasinya

Inilah Jurusan di Unindra dan Akreditasinya yang Bisa Menjadi Pertimbangan Sebelum Mendaftar

Daftar Akreditasi Jurusan dan Program Studi di Unindra atau Universitas Indraprasta PGRI. Mulai dari jurusan untuk tingkat strata 1 atau S1 hingga pascasarjana atau S2.


  • FIPPS. Bimbingan dan Konseling. Pendidikan Ekonomi. Pendidikan Sejarah.
  • FIMPA. Pendidikan Matematika. Pendidikan Biologi. 
  • FBS. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Pendidikan Bahasa Inggris. 
  • FTIK. Arsitektur. Teknik Industri. 
  • FP. Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam.


1. S1 Pendidikan Ekonomi memiliki akreditasi B
2. S1 Pendidikan Matematika memiliki akreditasi B
3. S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia memiliki akreditasi B
4. S1 Bimbingan Dan Konseling memiliki akreditasi B
5. S1 Teknik Industri memiliki akreditasi B
6.  S1 Pendidikan Bahasa Inggris memiliki akreditasi B
7. S1 Pendidikan Fisika memiliki akreditasi B
8. S1 Pendidikan Sejarah memiliki akreditasi B
9. S1 Teknik Informatika memiliki akreditasi B
10. S1 Arsitektur memiliki akreditasi B
11. S1 Pendidikan Biologi memiliki akreditasi B
12. S1 Desain Komunikasi Visual memiliki akreditasi B
13. S2 Pendidikan Bahasa Indonesia memiliki akreditasi B
14. S2 Pendidikan Bahasa Inggris memiliki akreditasi A
15. S2 Pendidikan Mipa memiliki akreditasi B
16.  S2 Pendidikan Pengetahuan Pengetahuan Sosial memiliki akreditasi B


Perkembangan akreditasi setiap jurusan di Unindra dapat dipantau lewat website resmi. Selain itu, perubahan jurusan di Unindra dan akreditasinya dapat diketahui lewat situs web BAN-PT. Sebab akreditasi setiap jurusan dan program studi dapat berubah seiring dengan perkembangan jurusan itu sendiri.

Search keyword: akreditasi universitas unindra,jurusan unindra teknik informatika,jurusan di unindra kampus b,jurusan unindra 2023,akreditasi unindra teknik informatika,jurusan unindra kelas karyawan,jurusan s2 unindra 2023